HousingEstate, Jakarta - Gardens @Candi Sawangan (250 ha), perumahan terluas di kawasan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, mencatat kenaikan penjualan lebih dari 30 persen sepanjang 2021 dibanding 2020. Selama 2020 proyek PT Graha Perdana Indah (GPI) itu membukukan penjualan Rp220 miliar, atau meningkat 15 persen dibanding 2019. Sedangkan tahun 2021 mencapai Rp300 miliar dari penjualan sekitar 600 unit rumah.

“Penjualan 2021 itu menjadi penjualan tertinggi kami sejak hadir di Sawangan,” kata Slamet Dwi Warno, Project Director GPI, kepada pers saat jumpa pers peresmian dimulainya pengembangan klaster baru itu di lokasi proyek, Jl Cinangka Raya, Bojongsari, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (28/5/2022).
“Pandemi tidak mempengaruhi penjualan kami. Justru saat pandemi kami mencatat penjualan tertinggi. Kalau hari biasa sekitar setengah dari pengunjung hanya ambil brosur atau window shopping, saat pandemi 80-90 persen pengunjung yang datang ke lokasi benar-benar beli,” lanjutnya.

Ia memberikan keterangan bersama Presdir GPI Aditya D Sutanto, Marketing Director Aileen Chandra, dan Finance Director Indra Bachtiar. Total hingga saat ini Gardens at Candi Sawangan sudah memasarkan delapan klaster termasuk Evergreen, mencakup sekitar 4.000 unit hunian. Dari jumlah itu, sekitar 1.500 unit sudah terbangun dengan hampir 1.000 unit di antaranya sudah dihuni. Selain dari Depok, konsumen Gardens at Sawangan kebanyakan dari Jakarta Selatan.

Menurut Slamet, salah satu kelebihan Gardens at Candi Sawangan yang membuat konsumen menyukainya, adalah skala pengembangannya yang besar yang tidak dimiliki pengembang lain di sekitarnya. Sebanyak 200 ha dari 250 ha lahannya sudah dibebaskan. Dengan skala pengembangan yang besar, perumahan berpotensi dikembangkan sebagai kota baru berfasilitas lengkap. Saat ini GPI terus melengkapi fasilitas itu secara bertahap.

“Selain itu konsep pengembangan Gardens at Sawangan kita buat beda dengan berbagai perumahan di sekitarnya. Hijau, asri, dan rapi, dengan rumah-rumah bergaya modern simple. Ternyata banyak kalangan muda menyukainya,” jelasnya.

Aileen menambahkan, kelebihan lain Gardens at Candi Sawangan, lokasinya dekat dengan dua jalan tol: Desari dan JORR 2, yang memudahkan akses penghuni ke berbagai penjuru Jabodetabek. “Jadi, akses dari proyek kita ke berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya bagus,” ujarnya. Fasilitas umum di sekitarnya juga sudah lengkap, termasuk pusat belanja, area komersial dan hangout, rumah sakit, sekolah, dan universitas.

Developer juga menjaga komitmennya mengembangkan rumah-rumahnya saat pandemi sekalipun. “Progress pengembangan proyek kita up date di medsos kita. Kita juga mengedukasi pasar dengan mencoba memberikan berbagai solusi agar mereka mampu membeli rumah di sini,” lanjutnya. Khusus Evergreen, pembangunan rumah di pengembangan tahap pertama (3,7 ha/232 unit) akan dimulai Juli, dengan target serah terima 18 bulan kemudian