HousingEstate, Jakarta - Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau dan beberapa wilayah telah mengalami peningkatan suhu. Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dirilis 29 Mei 2022, suhu maksimum harian di Indonesia mencapai 35,9 derajat celcius yang tercatat di wilayah Kalimantan Timur. Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai suhu panas pada siang hari dan menjaga kondisi tubuh bagi yang beraktivitas di luar ruangan.

Situasi panas juga akan berpengaruh pada suhu di rumah yang akan menjadi lebih gerah dan tidak nyaman. Beberapa hal yang menyebabkan kondisi gerah di rumah yaitu rumah yang menghadap barat sehingga terpapar matahari sepanjang siang hingga sore. Rumah hook juga membuat terpapar matahari dari dua arah, kondisi rumah dengan plafon yang rendah, banyaknya perangkat elektronik dan furnitur, kurangnya penghijauan, hingga material bangunan yang tidak menyerap panas seperti penggunaan atap metal.

Untuk membuat rumah lebih adem, produsen pelapis anti bocor (water proofing) Aquaproof kembali meluncurkan produk barunya yaitu cat penolak panas dengan brand Heatgard. Menurut Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, sole agent Aquaproof, Heatgard bisa menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya hingga 20 derajat celcius.

“Hal ini didapatkan dari pengujian panas yang dilakukan dengan membandingkan atap metal yang dilapisi Heatgard warna abu-abu dengan atap metal yang dilapisi cat biasa dengan warna yang sama. Dalam kurun waktu lima menit masing-masing atap yang tadinya bersuhu 31 derajat celcius menjadi 49,8 derajat celcius yang dilapisi Heatgard sementara yang cat biasa menjadi 68,2 derajat celcius,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan Selasa (31/5).

Hal ini dimungkinkan karena Heatgard memiliki Reflect & Insulate Technology yang bekerja untuk menolak dan memantulkan panas matahari di permukaan luar bangunan dan meredam panas matahari yang masuk ke dalam. Selain sebagai penolak dan peredam panas, produk ini juga memiliki formula anti bocor sehingga sangat baik digunakan saat musim kemarau sekaligus musim hujan.

Untuk keandalan produk ini juga telah drepresentasikan untuk kalangan pemilik proyek, kontraktor, arsitek, developer, hingga tukang dengan pengujian secara langsung saat acara BCI Equinox yang dilakukan pada pertengahan bulan Mei 2022. Aquaproof juga secara rutin melakukan pelatihan untuk para tukang terkait pengaplikasian produk ini di berbagai kota Indonesia.

Aplikasi Heatgard juga sangat mudah dan sama seperti aplikasi cat pada umumnya. Bersihkan semua bagian yang mudah terkelupas dengan kape ataupun sikat kawat untuk daya lekat permukaan terhadap cat. Aplikasikan Heatgard dengan kuas atau rol tanpa campuran air. Untuk hasil terbaik pengecatan dilakukan dua lapis atau lebih hingga mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan yaitu 1 liter untuk bidang seluas 1 m2 dengan selang waktu minimal satu jam untuk setiap pelapisan.

Untuk bidang seperti atap seng yang bergelombang dapat melapisi Heatgard dengan airless spray. Sementara itu untuk area sudutan maupun pertemuan dua bidang bisa diperkuat dengan Aquaproof Plyester Mesh. Produk ini tersedia dalam dua kemasan yaitu 4 dan 20 liter dengan warna putih, abu-abu, dan krem. Ketiga warna ini juga dirancang untuk tidak mudah pudar dan dapat menghambat karat bila diaplikasikann pada bidang-bidang berbahan metal.

“Dampak lain dengan menggunakan produk ini yaitu bisa menghemat penggunaan energi listrik saat pemakaian AC yang tidak perlu disetel dengan suhu rendah. Untuk hasil maksimal perbaiki juga kondisi rumah seperti jarak ketinggian ceiling, menambah ventilasi, menata kembali aneka perabotan, memperbanyak tanaman, dan solusi akhir menggunakan Heatgard untuk rumah yang adem,” pungkas Antony.