HousingEstate, Jakarta - Event Expo Clean & Expo Laundry 2022 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, kembali diikuti oleh Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama Group) dengan menghadirkan produk-produk cleaning equipment dari berbagai brand seperti Nilfisk, Viper, Ridgid, Schmidt, ICEsonic, hingga Vikan.

Bahkan untuk tahun ini Kawan Lama memamerkan sebuah alat pembersih dengan inovasi terbaik yaitu Scrubber Dryer Nilfisk Liberty SC50. Mesin buatan Denmark ini merupakan Autonomoue Scrubber yang dapat bergerak sendiri maupun dikendalikan secara otomatis tanpa awak kemudi.

Dengan alat ini bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembersihan serta memaksimalkan kualitas kebersihan di segala lini industri. Menurut Head of Cleaning Division PT Kawan Lama Sejahtera Denny Muliawardhana, saat ini faktor kebersihan menjadi perhatian utama bagi semua industri akibat efek pandemi.

“Pandemi telah menyadarkan kita semua bahwa kebersihan bukan sekadar membersihkan tapi ada faktor yang lebih utama yaitu membersihkan dengan teknik dan peralatan yang tepat untuk dapat bersih secara optimal. Beberapa produk baru yang kami hadirkan bisa memberikan solusi itu,” ujarnya dalam siaran persnya belum lama ini.

Di event pameran Kawan Lama menghadirkan Ridgid FlexShaft yaitu mesin pembersih pipa saluran (drain cleaner) portabel yang dapat dihubungkan dengan bor listrik sebagai motor penggeraknya sehingga lebih ringan dan menghemat waktu. Dengan sifat portabelnya alat ini juga bisa menjadi solusi untuk membersihkan hambatan pada saluran di segala aplikasi khususnya untuk bisnis hospitality maupun food and beverage (F&B).

Menyebut bisnsis F&B, selain mutu dan harga faktor kebersihan tentunya menjadi hal yang utama. Ada produk Vikan yang merupakan Hygienic Manual Cleaning untuk alat pembersih manual yang sudah mengantongi sertifikat Food and Drug Administration (FDA). Alat ini sangat aman dan higienis dengan sistem bulu sikat Ultra Safe Technology (UST) yaitu bulu sikat yang dicetak langsung pada gagang satu per satu sehingga lebih kuat menempel dan dapat mengurangi risiko kontaminasi silang.

Selain itu, Vikan juga memiliki bahan yang aman bagi makanan serta memiliki beragam bentuk dan pattern yang disesuaikan dengan obyek yang dibersihkan sehingga keamanan dan kebersihan dari makanan yang diproduksi sangat terjamin. Masih ada satu lagi terobosan alat kebersihan, yaitu teknologi pembersihan menggunakan CO2 (Dry Ice) dari ICEsonic.

ICEsonic merupakan merek asal Kroasia pemilik salah satu market share terbesar di bisnis dry ice cleaning. Mesin pembersih dry ice bekerja dengan menyemburkan udara dingin dari CO2 untuk membersihkan berbagai kerak dan kotoran yang sulit dibersihkan. Keunggulannya, mesin ini tidak menghasilkan residu baik secondary waste ataupun buangan zat kimia serta memiliki sifat non-flammable, non-toxic, dan non-conductive karena menggunakan uap es kering.

Dengan begitu proses pembersihan dapat dilakukan dengan sangat cepat bahkan mampu membersihkan area-area yang masih dialiri listrik sekalipun. Dry ice cleaning ini sangat dibutuhkan oleh semua industri terutama F&B dan otomotif, juga untuk cleaning contractor yang membutuhkan pembersihan bertekanan tinggi tanpa air.

Untuk melengkapi solusi cleaning, Kawan Lama juga memamerkan heavy duty equipment yaitu Schmidt, Street Sweeper atau penyapu jalan dari Jerman yang sangat terkenal di dunia. Merek ini sudah banyak digunakan di area publik di Indonesia seperti bandara dan jalan raya. Dengan standar kualitas dunia, Schmidt menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan pembersih jalanan dengan skala yang besar dan terperinci.

“Saat ini Kawan Lama Sejahtera memiliki 17 cabang di 17 kota yang didukung oleh 27 service center dan lebih dari 500 tenaga penjual profesional. Kawan Lama Sejahtera juga melakukan terobosan dengan menghadirkan layanan e-commerce yang memberi kemudahan transaksi bagi pelanggan,” imbuh Denny.