HousingEstate, Jakarta - Savasa (37 ha), smart city besutan PT PanaHome Deltamas Indonesia di kawasan Kota Deltamas (3.000 ha), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sejak awal dikembangkan dengan empat konsep cerdas: smart township, smart security, smart home, dan smart community. Implementasi konsep itu antara lain dalam bentuk teknologi bangunan tahan gempa, aplikasi fitur-fitur smart living di setiap rumah dan lingkungannya, serta lingkungan yang hijau.

 

PT PanaHome Deltamas Indonesia adalah perusahaan joint venture PT Panasonic Homes Gobel Indonesia (produsen produk-produk home appliances termasuk penyejuk udara milik Panasonic Jepang dan Gobel Indonesia) dan PT Puradelta Lestari (perusahaan pengembang Kota Deltamas). PanaHome menyebutkan, Savasa akan mengembangkan sekitar 2.500 unit rumah yang mampu menampung setidaknya 10.000 penduduk. Pengembangan proyek ditargetkan sewlesai tahun 2030.

 

Melalui keterangan tertulis yang diterima housingestate.id Selasa (18/1/2023), PanaHome menyatakan, Savasa menawarkan hunian terkini di klaster Asa yang dilengkapi dengan teknologi terbaru Panasonic, yakni sistem pengelolaan udara terintegrasi yang menjamin udara di dalam setiap rumahnya selalu bersih.

 

Complete air management system (CAMS) itu diklaim sebagai solusi pertama di dunia, yang dioperasikan secara terintegrasi antara penyejuk udara (AC) dengan supply fan, sistem ventilasi, dan indoor air quality (IAQ) remote control.

 

CAMS Panasonic bekerja sebagai sistem pengelola kualitas udara cerdas yang terus-menerus mendeteksi kualitas udara di ruangan. Sistem berbasis cloud. Jadi, pengguna bisa mengakses remote-nya dari mana saja, kapan saja, melalui aplikasi comfort cloud di ponsel pintar. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memeriksa dan mengelola kualitas udara di ruangan untuk memastikannya tetap bersih.

 

“Dengan CAMS, udara di ruangan selalu bersih, sehat, dan nyaman. Hal ini sangat mendukung perubahan gaya hidup masyarakat yang sekarang banyak melakukan aktivitas di dalam rumah,” kata Ichiro Suganuma, Director of QAFL Business Promotion Office.

 

  1. Irfansjah Handisatya, General Manager PT Panasonic Homes Gobel Indonesia, menambahkan, pandemi selama dua tahun lalu membuat orang lebih banyak beraktivitas di rumah, dan karena itu memberi perhatian lebih pada kualitas udara di ruangan. Karena itu Panasonic menghadirkan hunian yang dilengkapi CAMS di klaster Asa, satu dari empat klaster hunian di Savasa.

 

“Teknologi CAMS yang kami aplikasikan itu user-friendly control, energy saving karena meminimalisir penggunaan AC, dan full auto algorithm, mengontrol kualitas udara di ruangan secara otomatis,” ujarnya. Yoenazh