Tingkatkan Komposisi Dana Murah, BTN Lansir Platform Terintegrasi Bale Korpora

Untuk meningkatkan komposisi dana murah di tengah tren mahalnya biaya dana, Bank Tabungan Negara (BTN) segera meluncurkan layanan Bale Korpora by BTN.
Platform terintegrasi untuk bisnis wholesale banking ini diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah korporasi dalam melakukan transaksi perbankan.
Sebelumnya 8 Februari 2025 BTN sudah meluncurkan super apps Bale by BTN sebagai platform yang memudahkan nasabah melakukan aneka transaksi melalui satu aplikasi. Bale by BTN dilengkapi Bale Business untuk UMKM yang akan disusul dengan Bale Korpora.
Menurut Jasmin, Direktur Distribution & Institutional Funding BTN, Bale Korpora by BTN merupakan bagian dari transformasi digital perseroan, yang menyatukan berbagai layanan transaksi wholesale BTN yang sebelumnya tersebar di platform berbeda-beda atau stand-alone platform.
Dengan BTN Korpora, jelas Jasmin, nasabah korporasi akan lebih mudah dan nyaman mengelola keuangannya, karena hanya perlu satu kali log-in atau single sign-on untuk menikmati seluruh layanan wholesale BTN tanpa harus berpindah platform.
“Sebelum hadirnya Bale Korpora, nasabah harus berpindah-pindah platform sehingga aktivitas transaksi memakan waktu dan tidak efisien bagi perusahaan atau individu yang memiliki bisnis,” kata Jasmin saat ngobrol santai bersama media di Jakarta, Rabu (12/3/2025).
Ngobrol santai bareng media itu, diikuti dengan pengumuman pemenang Anugrah Jurnalistik dan Foto BTN 2025, dan diakhiri dengan buka bersama. Jasmin ngobrol santai bersama Grenardy Arief, Wholesale Transaction Division Head Bank BTN. Hadir juga dalam acara Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitulu, Direktur SME & Retail Funding BTN Muhammad Iqbal, dan Direktur Assets Management Elisabeth Novie Riswanti.
Jasmin menyatakan, Bale Korpora menjadi pintu masuk seluruh layanan wholesale BTN. Yaitu, cash management, e-guarantee, financial supply chain management, dan lain-lain. Dengan mengakses Bale Korpora, nasabah institusi dan usaha perorangan yang memiliki giro dapat menikmati layanan berbasis website yang fleksibel, aman, dan dapat diakses dimana pun, kapanpun.
“Untuk bisa menggunakan layanan Bale Korpora, nasabah hanya perlu memiliki giro dan kredensial berupa company ID, user ID, dan password yang terdaftar pada salah satu layanan Bale Korpora. Semua penggunaan Bale Korpora bebas biaya, kecuali biaya untuk transaksi tertentu sesuai ketentuan masing-masing layanan wholesale,” tutur Jasmin.
Baca juga: Pemerintah Apresiasi Super Apps Bale by BTN
Jasmin menambahkan, peluncuran Bale Korpora merupakan bagian dari upaya BTN memperkuat mesin pendanaan, terutama dana murah dari institusi di berbagai sektor. Hingga akhir 2024, dana murah berupa tabungan dan giro (current account saving account/CASA) menyumbang lebih dari 54 persen perolehan dana pihak ketiga (DPK) BTN.
Untuk itu BTN berupaya menarik nasabah institusi, dengan menitikberatkan kelebihan Bale Korpora pada fitur-fitur baru yang lebih relevan dan solusi yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan nasabah.
Saat ini BTN cash management misalnya, melayani 17.000 nasabah yang didominasi industri properti. Yaitu, para developer dan kontraktor. Dengan adanya Bale Korpora, BTN bisa membidik segmentasi nasabah yang lebih luas seperti sektor pendidikan, kesehatan, dan perusahaan manufaktur.
“Kami terus membidik institusi-institusi yang memiliki transaksi dalam jumlah besar dan membutuhkan pengelolaan kas yang lebih baik. Kami berharap dapat menggenjot pendanaan dari Bale Korpora hingga Rp90 triliun atau bertumbuh lebih dari 50 persen secara tahunan. Pengguna Bale Korpora kami harapkan bisa mencapai 21.000 pada akhir tahun ini dengan transaksi yang lebih berkualitas,” papar Jasmin.
BTN akan mengembangkan layanan Bale Korpora untuk memenuhi kebutuhan transaksi lain seperti trade finance, pembukaan rekening giro secara online, dashboard untuk industri spesifik, dan negosiasi untuk jual-beli valuta asing.
Fitur-fitur tersebut dirancang untuk membantu nasabah meningkatkan efisiensi operasional mereka, karena adanya visibilitas keuangan yang lebih tinggi serta kenyamanan, ditunjang layanan personal yang proaktif terhadap kebutuhan nasabah.
“Bale Korpora diharapkan dapat menjadi salah satu penggerak pertumbuhan pendapatan BTN di luar bunga atau fee based income. Dengan adanya fitur-fitur yang lebih menarik di Bale Korpora, kami berharap fee based income tahun ini dapat meningkat 70 persen dibanding tahun lalu,” pungkas Jasmin.