Rabu, Oktober 22, 2025
HomeBankMandiri Raih Best Bank in Indonesia, Ini Capaiannya

Mandiri Raih Best Bank in Indonesia, Ini Capaiannya

Bank Mandiri berhasil mempertahankan gelar sebagai Best Bank in Indonesia di ajang Global Finance World’s Best Bank Awards 2025. Capaian ini menjadi kali kedua berturut-turut yang berhasil diraih sekaligus membuktikan komitmen Bank Mandiri untuk mendorong percepatan ekonomi nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

“Penghargaan ini bisa diraih berkat keberhasilan Bank Mandiri menunjukkan kinerja keuangan yang solid yang didukung oleh pertumbuhan aset yang kuat, penguatan ekosistem bisnis, serta inovasi digital yang masif dan konsisten dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Budi Prasetyo, Senior Vice President (SVP) Digital Wholesale Banking Bank Mandiri dikutip dari siaran persnya Selasa (21/10).

Selain keunggulan strategis dan kinerja yang unggul dibanding para pesaing, kemampuan Bank Mandiri dalam berinovasi secara berkelanjutan serta beradaptasi terhadap dinamika pasar menjadi aspek penting dalam penilaian penghargaan bergengsi ini.

Hal ini juga tidak terlepas dari kinerja positif yang berhasil diraih hingga Agustus 2025. Pertumbuhan kredit bank only sebesar 10,7 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp1.353 triliun, melampaui rata-rata industri yang tumbuh 7,5 persen.

Fokus ekspansi pada pembiayaan produktif juga turut mendorong pertumbuhan tersebut dengan kredit mikro produktif mencapai Rp99,1 triliun atau naik 11,1 persen (yoy) serta kredit pemilikan rumah (KPR) meningkat 11,5 persen (yoy) menjadi Rp68,3 triliun.

Pencapaian ini ditopang oleh kualitas aset yang tetap solid, tercermin dari rasio kredit bermasalah (NPL) di level 1,08 per Agustus 2025, jauh di bawah rata- rata industri serta coverage ratio yang tinggi.

Dari sisi pendanaan, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 10,2 persen (yoy) menjadi Rp1.435 triliun dengan porsi dana murah (CASA) mencapai 76,4 persen pada delapan bulan pertama 2025. Capaian tersebut menegaskan kemampuan Bank Mandiri dalam menjaga efisiensi biaya dana dan memperkuat fondasi pertumbuhan berkelanjutan.

Baca juga: Penyaluran KPR Hijau Bank Mandiri Mencapai Rp693 M

Budi juga menyebut, penghargaan ini merupakan hasil dari implementasi strategi berkelanjutan serta dukungan kuat terhadap arah kebijakan nasional. Salah satunya Kopra by Mandiri yang hadir sebagai solusi finansial terintegrasi yang mencakup layanan Cash Management, Trade Finance, Value Chain, hingga Treasury untuk mendukung pertumbuhan bisnis nasabah korporasi.

Ia menambahkan, keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergi antara kepercayaan masyarakat, dukungan kebijakan pemerintah, serta konsistensi Bank Mandiri dalam berperan aktif mendorong pembangunan ekonomi nasional.

“Kami percaya, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus berjalan seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan sektor produktif dan percepatan transformasi digital, selaras dengan Asta cita Presiden Prabowo Subianto yang menekankan transformasi ekonomi dan peningkatan produktivitas nasional,” bebernya.

Sebagai mitra strategis pemerintah, bank berlogo pita emas ini berkomitmen tidak hanya dalam penyaluran pembiayaan tetapi juga dalam memperkuat ekosistem ekonomi yang berkelanjutan mulai dari pelaku UMKM hingga industri strategis nasional.

Selaras dengan misi pemerintah dalam mempercepat transformasi digital nasional, Bank Mandiri terus memperluas layanan digitalnya agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Melalui super app Livin’ by Mandiri, platform wholesale Kopra by Mandiri, serta solusi digital Livin’ Merchant, Bank Mandiri menghadirkan ekosistem finansial terintegrasi bagi segmen ritel, korporasi, dan UMKM secara menyeluruh.

Solusi digital tersebut telah menjadi pilihan utama nasabah yang tercermin dari pertumbuhan pengguna Livin’ by Mandiri yang meningkat 27 persen (yoy) menjadi 34,2 juta pengguna per Agustus 2025 dengan nilai transaksi mencapai Rp2.848 triliun, meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan layanan Kopra by Mandiri juga semakin diandalkan dengan menyediakan solusi komprehensif di bidang Cash Management, Trade, dan Value Chain untuk menjawab kebutuhan nasabah wholesale yang semakin kompleks.

Baca juga: Bank Mandiri: Pertumbuhan Penjualan Eceran Melambat

Hingga Agustus 2025, nilai transaksi Kopra meningkat 19 persen (yoy) menjadi Rp16.989 triliun dengan frekuensi transaksi tumbuh 14 persen (yoy) mencapai 964 juta transaksi. Pencapaian ini menegaskan peran Kopra sebagai platform utama dalam mendukung aktivitas bisnis nasabah korporasi melalui fitur- fitur yang menghadirkan efisiensi dan peningkatan kinerja bisnis.

Sementara itu, Livin’ Merchant menjadi motor penggerak digitalisasi pelaku UMKM Indonesia. Sekitar 62 persen penggunanya berasal dari luar kota besar dengan berbagai fitur unggulan seperti pengelolaan multi- outlet, integrasi sistem F&B, pemesanan melalui QR Table, hingga distributor ordering yang terhubung langsung dengan pemasok.

“Transformasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Bank Mandiri dalam mendukung program pemerintah untuk memperkuat ekonomi inklusif sekaligus meningkatkan daya saing nasional. Kami berkomitmen menghadirkan layanan perbankan yang tidak hanya modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi tetapi juga mampu memberdayakan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkas Budi.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini