Minggu, September 7, 2025
HomeBerita PropertiPakar Marketing Bicara Soal Program Perumahan

Pakar Marketing Bicara Soal Program Perumahan

Pakar marketing, founder, dan CEO MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya, bukan hanya piawai bicara soal dunia marketing. Pria kelahiran Surabaya, 18 November 1947 ini menekankan perlunya kebijakan (policy) yang dikeluarkan pemerintah harus tepat dengan situasi dan kondisi pasar.

Hermawan Kartajaya, Pakar marketing, founder, dan CEO MarkPlus Inc
Hermawan Kartajaya, Pakar marketing, founder, dan CEO MarkPlus Inc

“Kalau untuk orang marketing, policy itu sama dengan produk. Kalau kita mengeluarkan produk tanpa melihat situasi, itu namanya product centric, nggak bakalan laku. Yang harus kita buat itu produk yang customer centric,” ujarnya kepada housing-estate.com saat acara Business Leader Forum yang diselenggarakan MarkPlus Inc di Jakarta akhir pekan lalu.

Untuk membuat policy yang baik atau produk yang customer centric, Presiden World Marketing Association ini berpendapat untuk melibatkan seluruh stakeholder agar seluruh permasalahan bisa diidentifikasi dan dibuat solusi menyeluruh berdasarkan hal tersebut. Saat ini policy mengenai perumahan tidak match dengan kondisi di lapangan.

“Kita jangan hanya mikir gimana caranya produksi rumah, tapi me-wongke (memanusiakan) rakyat. Jangan rakyat dijadikan obyek dan target untuk program perumahan tapi tidak di-wongke,” tandasnya.

Berita Terkait

Ekonomi

Belasan Investor Kazakhstan Lirik IKN

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia...

Program Perumahan Salah Satu yang Diharapkan Buka Lapangan Kerja

Pemerintah terus menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha untuk membuat...

Menko Airlangga Minta Pengusaha Tahan PHK dan Buka Program Magang Berbayar untuk Sarjana Baru

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para pengusaha...

Berita Terkini