Mahasiswa Ditantang Hasilkan Desain Saniter Untuk Kaum Urban

Produsen produk fitting dan saniter PT American Standard Indonesia (ASI), anak perusahaan Lixil Corporation, mengadakan kompetisi desain untuk mahasiswa arsitektur dan desain se-Asia Pasifik. Kompetisi bertajuk American Standard Design Award (ASDA) Asia Pacifik 2015 ini telah dibuka sejak Februari dan ditutup 30 April 2015.
Menurut Arfindi Batubara, Direktur Pemasaran ASI, sejak ajang ini dibuka, American Standar (Amstad) telah secara aktif melakukan briefing di lima perguruan tinggi di Jakarta dan Bandung, yaitu Universitas Parahyangan, Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung, Univeritas Tarumanagara, dan Universitas Indonesia.
“Selama briefing, minat mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi ini sangat besar. Kami berharap dari ASDA ini akan lahir desainer-desainer muda berprestasi di industri desain khususnya untuk produk-produk fitting maupun saniter,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com, Kamis (30/4).
Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori: ruang kamar mandi, konsep produk toilet, dan konsep produk fitting (keran). Seluruh karya desain akan dilombakan di tingkat negara regional. Karya akan dinilai berdasarkan tampilan visual, kreatifitas, unsur dan prinsip desain, orisionalitas ide, dan lainnya.
“ASDA Asia Pacifik 2015 ini menantang para mahasiswa untuk membuat desain yang belum pernah ada sebelumnya. Peserta harus mampu menunjukan keunggulan desain bagi pengguna produk melalui konsep desain yang intinya harus bisa memberikan kenyamanan, kompak untuk ruang kecil, dan cocok untuk gaya hidup urban,” imbuh Arfindi.
Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan di Singapura pada bulan Juni 2015. Hadiah untuk masing-masing kategori sebesar 2.000 dollar Amerika dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang lebih besar mencapai 5.000 dollar Amerika pada tingkat regional.