Selama Pandemi Empat Layanan Pertanahan Ini Bisa Diakses Secara Online

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengeluarkan layanan online yang bisa tetap diakses masyarakat selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena wabah Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19). Ada empat layanan pertanahan yang bisa dilakukan dari rumah secara online.
“Pemerintah berupaya keras untuk menangani pandemi Covid-19 dan bukan hanya dampaknya terhadap kesehatan tapi juga imbas ikutannya terkait ekonomi. Karena itu kami juga tetap berupaya untuk melakukan berbagai langkah supaya dampak ekonomi terkait wabah ini tidak menjadi unholdable,” ujar Sofyan A. Djalil, Menteri ATR/Kepala BPN, dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, Senin (20/4).
Beberapa upaya mitigasi yang disiapkan Kementerian ATR/BPN yaitu peningkatan layanan berbasis digital yang sesungguhnya sudah disiapkan sejak tahun lalu sehingga dioptimalkann penerepannya pada masa pendemi ini. Ada empat layanan yang sudah bisa dilakukan secara online dari rumah yaitu Hak Tanggungan Elektronik (HTE), Roya, Pengecekan Sertifikat, serta zona nilai tanah (ZNT).
Untuk layanan yang masih membutuhkan tatap muka secara langsung, beberapa kantor pertanahanan masih memungkinkan untuk itu dengan penerapan protokol kesehatan yang diatur untuk mencegah penularan Covid-19. Kementerian ATR/BPN juga memberikan stimulus untuk hak tanah yang habis masa waktunya pada masa pandemi ini akan diberikan kelonggaran hingga akhir tahun.
“Pemerintah sangat berkomitmen untuk tetap bisa memberikan pelayanan terbaik pada masa pandemi ini. Kami juga menyediakan kontak hotline di seluruh satuan kerja baik di pusat maupun di daerah-daerah, siapa saja yang merasa pelayanan pertanahannya kurang baik silahkan menghubungi kontak hotline tersebut,” kata Sofyan.