HousingEstate, Jakarta - Konsep, kualitas, dan harga adalah kombinasi yang harus diperhatikan pengembang dalam mengembangkan proyek. Kalau ketiganya bagus pasar akan merespon positif kendati dalam situasi krisis. Inilah yang ditawarkan Tera Damai (100 ha) yang dikembangkan Damai Putra Group di Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Sejak dilansir 10 bulan lalu sudah tiga klaster yang sukses dipasarkan, Astama, Branta, dan Curtina. Dua klaster pertama sudah sold out dan klaster ketiga yang dipasarkan awal Maret 2021 sudah terjual lebih dari 50 persen. “Karena itu kami sekarang membuka pemasaran klaster Curtina tahap 2,”  ujar Bram Pramtama, Sales Manager Damai Putra Group, kepada housingestate.id, Jumat  (7/5).

Rumah yang akan dibangun di klaster Curtina sebanyak 333 unit. Selain rumah satu lantai di klaster  ini juga dipasarkan rumah dua lantai. Ini berbeda dengan dua klaster sebelumnya semuanya dibangun rumah satu lantai. Untuk rumah satu lantai tersedia pilihan tipe 32/60, 37/70, dan 40/70  harga mulai Rp420 juta tunai. Rumah dua lantai tersedia dua pilihan  58/60 dan 65/71 yang dibanderol Rp685 juta dan Rp771 juta. Bram mengatakan, di tahap 2 harganya naik tipis 1-2 persen. Harganya tidak murah tapi menilik konsep pengembangannya yang cukup bagus penawaran Damai Putra Group ini cukup kompetitif.

Bram mengatakan, melihat  permintaannya yang tetap baik ia optimis dalam dua bulan mendatang seluruh rumah di klaster Curtina akan terjual habis. Ia menyatakan, besarnya permintaan pasar itu disebabkan Tera Damai perumahan pertama di kawasan Babelan yang dikembangkan secara terpadu.

Sesuai site plan ada 14 klaster yang akan dikembangkan di Tera Damai. Developer akan melengkapinya dengan sejumlah fasilitas pendukung. Antara lain area komersial, club house, ritel, kuliner, sarana kesehatan, sekolah, dan taman bermain. Rencananya juga akan dibangun beberapa tower apartemen.  Konsep lain yang menarik adalah  manajemen lingkungan dengan menerapkan pendekatan water sensitive urban design. Caranya dengan mengintegrasikan sistem manajemen air hujan, ruang terbuka hijau, sirkulasi pejalan kaki dan pesepeda dengan area residensial dan komersial. Untuk itu di dalam perumahan akan disediakan beberapa danau, satu di antaranya berukuran besar.

Daya tarik lain dari Tera Damai lokasinya  cukup dekat dengan jalan tol JORR 2 Cibitung-Cilincing. Jaraknya sekitar enam kilometer dari gerbang tol Sriasih. Rencananya pengembang akan membuat akses baru yang dapat memperpendek jarak menuju ke pintu tol tersebut agar semakin mudah diakses dari berbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).