Pakai Logo Baru, BTN Berharap Lebih Rendah Hati dan Mudah Didekati

Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan logo baru dalam acara BTN Anniversary Festival 2024 di Jakarta Minggu kemarin. Acara itu diselenggarakan sebagai perayaan HUT ke-74 BTN yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2024. Selain peluncuran logo baru, perayaan itu juga dimeriahkan dengan BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon), Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria. Hadir dalam acara itu jajaran direksi dan komisaris BTN serta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Menurut Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu, perubahan logo itu merupakan bagian dari proses transformasi perseroan yang sudah dimulai sejak lima tahun lalu. Transformasi itu berupaya mengubah proses bisnis, kultur, SDM, dan lain-lain di BTN agar lebih relevan dengan perkembangan zaman, terutama melalui digitalisasi, guna mendukung pertumbuhan bisnis BTN secara berkelanjutan.
Dalam logo baru itu, kata BTN yang semula menggunakan huruf kapital, kini diubah menjadi hurup kecil ditambah garis merah di atasnya. Nixon menyebut pilihan font itu menyimbolkan optimisme dan menggambarkan BTN yang modern, fresh, kekinian, dan relevan dengan perkembangan zaman. Penggunaan huruf kecil pada kata BTN itu juga melambangkan kerendahan hati, mudah didekati, dan memahami kebutuhan nasabah dan membantunya dalam mencapai tujuan hidup.
Baca juga: BTN Bukukan Laba Rp3,5 Triliun
Sedangkan garis merah di atas huruf BTN berarti bank yang tangguh, progresif dan terus melangkah maju. Sementara pilihan warna logo dynamic blue yang lebih hidup dan segar melambangkan bank yang inovatif dan dinamis dalam mengembangkan produk keuangan, dan percaya diri menarik pasar yang lebih luas termasuk di luar batas negara. Rebranding atau perubahan logo BTN itu sejalan dengan transformasi perseroan menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada tahun 2025.
“Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama nasabah. Tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage, lebih dari sekedar KPR,” katanya seperti dikutip keterangan resmi BTN yang dipublikasikan Minggu (3/3/2024).
Nixon menjelaskan, perubahan logo BTN efektif diterapkan per 3 Maret 2024, tanpa perubahan nama perseroan. “Kami juga tetap mempertahankan tagline ‘karena hidup gak cuma tentang hari ini’ yang selalu kami sampaikan kepada kaum muda supaya mulai menabung dan memiliki rumah,” ujarnya.