Hingga H-1 Lebaran KAI Telah Jual 3,4 Juta Tiket Kereta. Sebagian Besar Kereta Ekonomi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat kenaikan jumlah pelanggan selama arus mudik Lebaran 2025. Berdasarkan data kumulatif pada 21–29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, sebanyak 1.659.974 pelanggan telah menggunakan layanan kereta api. Meningkat 9,12 persen dibandingkan periode yang sama 2024 sebanyak 1.521.252 pelanggan.
“Rinciannya, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencapai 1.408.770 penumpang, naik 7,80 persen dari tahun sebelumnya yang mencatat 1.306.894 penumpang. Sementara pelanggan KA Lokal meningkat 17,19 persen dari 214.358 penumpang pada 2024 menjadi 251.204 penumpang pada 2025,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba melalui keterangan resmi, Minggu (30/3/2025).
Sementara hingga 30 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 3.407.630 tiket telah terjual atau 74,22 persen dari total kapasitas.
Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 3.041.548 dengan tingkat okupansi 88,32 persen, sedangkan KA Lokal terjual 366.082 tiket atau 31,90 persen dari kapasitas tersedia.
KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan Angkutan Lebaran 2025 periode 21 Maret – 11 April 2025. Terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) dan 1.147.678 tempat duduk untuk Kereta Api Lokal.
Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran dengan Kereta Api Terjadi Kemarin
Secara total KAI Group berhasil melayani total 11.803.522 pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025/1446 H yang berlangsung dari 21 Maret hingga 29 Maret 2025 Pukul 24.00 WIB.
Pada Angleb 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Group menyediakan 59.129.350 tempat duduk. Sebanyak 98 persen merupakan tempat duduk kereta kelas ekonomi, mencakup 2.164.488 tempat duduk KA Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk KA Ekonomi Lokal, termasuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek.
Dari total 11.803.522 pelanggan keberangkatan mudik tersebut, sebanyak 1.659.974 adalah pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI, 9.175.434 pengguna Commuter Line yang dikelola KAI Commuter, 106.050 pengguna LRT Sumsel, 5.456 pelanggan KAI Wisata, 183.402 pelanggan KAI Bandara, 118.239 pelanggan Whoosh yang dikelola KCIC, 551.358 pelanggan LRT Jabodebek, dan 3.609 pelanggan KA Makassar-Parepare.