Bos Lippo James Riady Diminta Datang ke Kementerian PKP Rabu Besok Selesaikan Masalah Meikarta

Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait bersama Direktur Jenderal Kawasan Permukiman Fitrah Nur, siap menindaklanjuti pengaduan konsumen apartemen Meikarta, Cikarang, Bekasi (Jawa Barat), yang dikembangkan Lippo Group.
Menteri PKP pun mengajak diskusi sekitar 39 konsumen apartemen Meikarta yang datang mengadu ke kantornya di Wisma Mandiri 2, Jakarta, Senin (21/4/2025), guna mendapatkan informasi dan klarifikasi.
“Kami siap menindaklanjuti pengaduan konsumen Meikarta secepatnya. Saya sudah sampaikan persoalan ini kepada Presiden Prabowo Subianto di depan Ketua Satgas Perumahan (Hasjim Djojohadikusumo) di Qatar, dan beliau ingin diselesaikan sesuai prinsip hukum dan berkeadilan,” kata Maruarar (Ara) seperti dikutip keterangan tertulis Biro Komunikasi Publik Kementerian PKP, Senin (21/4/2025).
Dalam pertemuan itu Menteri PKP menanyakan kepada konsumen Meikarta masalah yang mereka hadapi. Kemudian meminta jajaran Direktorat Jenderal Kawasan Permukiman untuk segera melakukan verifikasi terhadap konsumen Meikarta yang hadir.
“Siapa konsumen Meikarta disini yang sudah membayar lunas 100 persen? Janjinya kapan apartemen mau diserahkan?” tanya Menteri PKP. Beberapa konsumen yang hadir menjawab, ada sebagian yang sudah melunasi pembelian apartemen sejak 2017, ada yang masih memgangsur, dan ada yang menghentikan angsuran karena masalah ekonomi, di pihak lain tidak ada progres pembangunan apartemen di lapangan.
Baca juga: Menteri PKP Minta Lippo Group Penuhi Tuntutan Konsumen Meikarta. Tenggat 4 Bulan
Menteri PKP pun meminta para konsumen Meikarta tersebut menunjukkan bukti perjanjian dan bukti pelunasan pembelian. Sekitar 39 konsumen Meikarta yang hadir pun mengaku siap menyampaikan bukti tersebut untuk divalidasi.
“Musti ada bukti sudah lunas dan ada perjanjiannya sesudah lunas akan diserah-terimakan apartemennya. Tolong disiapkan berkasnya ya, dan ada bukti pelunasannya,” pinta Ara.
Para konsumen yang hadir pun menjawab dan menyampaikan tuntutannya, meminta uang mereka yang sudah dibayarkan ke pengembang Meikarta dikembalikan 100 persen.
Mengutip arahan Presiden Prabowo Subianto, Menteri PKP menyatakan ia diminta menyelesaikan masalah Meikarta yang sudah bertahun-tahun belum terselesaikan, sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku
Menteri PKP pun mengungkapkan, ia telah menghubungi Bos Lippo Group James Riady untuk datang ke Kementerian PKP, Rabu (23/4/2025), guna menyelesaikan dan mencari solusi yang tepat masalah konsumen Meikarta. “Mohon doanya semoga kita bisa menyelesaikan masalah Meikarta ini dengan baik. Saya sudah bicara dengan Pak James Riady untuk menyelesaikan secepatnya” katanya.
Salah seorang konsumen Meikarta, Trianto, mengaku sudah membayar angsuran pembelian apartemen Meikarta sejak 8 tahun lalu. Namun hingga saat ini unit apartemen yang dibelinyan tidak kunjung dibangun dan diserahterimakan.
“Kami berterimakasih atas dukungan Menteri PKP yang sudah mem-follow up masalah kami, sehingga ada harapan penyelesaian secepatnya, menjamin konsumen bisa dapat keadilan dan (pengembalian uang) bisa direalisasikan secepatnya karena saya masih bayar angsuran Meikarta sampai sekarang,” tutur Trianto.