Sabtu, September 6, 2025
HomeBerita PropertiKAI Operasikan Rangkaian Kereta Argo Stainless Steel New Generation di Rute Gambir-Semarang

KAI Operasikan Rangkaian Kereta Argo Stainless Steel New Generation di Rute Gambir-Semarang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan modernisasi layanan, guna menghadirkan pengalaman perjalanan kereta yang makin nyaman dan berkualitas.

Salah satu implementasi modernisasi itu adalah pengoperasian KA Argo Sindoro dan KA Argo Muria, dengan rangkaian Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation yang mulai melayani pelanggan relasi Gambir-Semarang Tawang pada 15 Juni 2025.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyatakan, pengoperasian dua layanan baru relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp dengan rangkaian kereta baru itu, merupakan bagian dari transformasi layanan KAI secara menyeluruh.

“Melalui penggunaan Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation, pelanggan Argo Sindoro dan Argo Muria kini dapat merasakan perjalanan yang lebih nyaman dan modern,” kata Anne melalui keterangan tertulis kemarin (16/6/2025).

Berikut jadwal perjalanan KA Argo Muria dan KA Argo Sindoro tersebut:

A. Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng

1. KA Argo Muria (KA 20)

Berangkat Gambir: 07:15 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 12:25 WIB

2. KA Argo Muria (KA 22)

Berangkat Gambir: 22:40 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 03:55 WIB

3. KA Argo Sindoro (KA 18)

Berangkat Gambir: 16:45 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 21:55 WIB

B. Relasi Semarang Tawang Bank Jateng– Gambir

1. KA Argo Sindoro (KA 17)
Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 07:00 WIB, tiba Gambir: 12:10 WIB

2. KA Argo Muria (KA 21)
Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 17:00 WIB, tiba Gambir: 22:11 WIB

3. KA Argo Sindoro (KA 19)
Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 22:40 WIB, tiba Gambir: 03:50 WIB

Baca juga: Pengguna Semua Jenis Kereta Meningkat Selama Januari-Mei, Tertinggi Penumpang LRT Jabodebek

Anne menjelaskan, desain interior rangkaian kereta KA Argo Sindoro dan Argo Muria menggunakan material baja nirkarat (stainless steel) modern yang lebih kuat dan tahan korosi, mendukung usia operasional sarana yang lebih panjang.

Rangkaian kereta dilengkapi Passenger Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi perjalanan secara real-time, dan pintu otomatis elektrik dengan teknologi peredam suara yang membuat suasana kabin lebih tenang.

Kursi penumpang juga didesain ergonomis dengan legroom luas dan footrest individual, yang memberikan kenyamanan ekstra selama perjalanan. Setiap kursi dibekali fasilitas pengisian daya ganda berupa stop kontak konvensional dan port USB.

Untuk performa operasional, rangkaian kereta stainless steel ini menggunakan boogie tipe K10, yang memberikan stabilitas optimal dengan kecepatan maksimal hingga 120 km/jam. Sementara sambungan antargerbong mengadopsi sistem corrugated below yang lebih stabil, aman, dan minim getaran.

“Hingga 13 Juni 2025, KAI telah menerima 29 rangkaian kereta atau setara 314 unit dari total rencana pengadaan 612 unit kereta baru. Dengan capaian ini, program pengadaan rangkaian kereta stainless steel telah terealisasi 51,31 persen dari target hingga 2026,” ujar Anne.

Baca juga: Lebih dari 2 Juta Orang Mudik dengan Kereta, Pergerakan Penumpang Lebih Merata Berkat WFA

Program pengadaan rangkaian kereta stainless steel new generation itu, juga memperkuat kemandirian industri perkeretaapian nasional karena seluruh rangkaian diproduksi oleh PT INKA (Persero).

Tak hanya pengadaan baru, KAI juga melakukan percepatan peremajaan sarana melalui optimalisasi modifikasi kereta existing di Balai Yasa Manggarai. Hingga saat ini, sudah 92 unit kereta hasil modifikasi menjadi New Generation yang selesai dikerjakan.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini