Bank DKI “Rebranding” Call Name Menjadi Bank Jakarta

Bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-498 tahun ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Pramono Anung secara resmi mengumumkan perubahan call name Bank DKI menjadi Bank Jakarta.
Pengumuman dilakukan dalam acara rebranding nama dan logo baru Bank DKI di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2025).
Perubahan call name itu menandai dimulainya fase baru transformasi PT Bank DKI menjadi bank yang lebih modern, profesional, dan siap bersaing di tingkat nasional dan regional.
Rebranding itu juga menjadi bagian dari langkah strategis Pemprov Jakarta dalam implementasi UUU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta, serta roadmap jangka panjang menuju go publik atau Initial Public Offering (IPO) di lantai bursa.
Acara rebranding dan nama dan logo baru Bank DKI itu dihadiri jajaran Pemprov Jakarta, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae, serta para pimpinan BUMD dan mitra strategis.
Mengapa “Bank Jakarta”?
Dalam sambutannya Pramono menyatakan, pemilihan nama “Bank Jakarta” merupakan hasil dari pertimbangan mendalam. Brand Jakarta sudah dikenal luas, bersifat universal, dan memiliki daya resonansi global. Call name itu mencerminkan positioning baru bank daerah yang siap berdiri sejajar dengan lembaga keuangan nasional dan regional.
“Nama Bank Jakarta bukan hanya singkat dan kuat, tapi juga membawa aspirasi kolektif warga Jakarta untuk memiliki bank yang mencerminkan identitas kota, sekaligus menjadi bagian dari mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Gubernur Pramono seperti dikutip keterangan tertulis Bank DKI, Sabtu (22/6/2025).
Baca juga: Gubernur Pramono Dorong Transformasi Penuh Bank DKI
Logo Baru: Simbol Aspirasi Tanpa Batas
Selain call name, Gubernur Pramono juga memperkenalkan logo baru Bank Jakarta, yang tetap menampilkan esensi Monumen Nasional (Monas), namun dengan pendekatan visual yang lebih modern: tiga garis diagonal tanpa lingkaran pembatas.
“Logo baru ini menyerupai api Monas yang menjulang ke langit, sebuah lambang aspirasi yang terus tumbuh, melampaui batas ruang dan waktu,” ujarnya.

Bagian dari Transformasi Menyeluruh Bank DKI
Direktur Utama Bank Jakarta Agus H. Widodo menjelaskan, rebranding ini bukan hanya perubahan visual, namun mencerminkan transformasi menyeluruh yang sedang berlangsung di tubuh Bank DKI, meliputi:
1.Penguatan tata kelola, risk management, dan budaya kerja profesional,
2.Akselerasi transformasi digital dan integrasi layanan berbasis ekosistem,
3.Modernisasi infrastruktur IT dan peningkatan keamanan siber,
4.Penguatan fungsi intermediasi, produktivitas kredit, serta akuisisi dana murah secara berkelanjutan.
“Kami ingin masyarakat Jakarta merasakan, perubahan ini bukanlah kosmetik, tapi mencerminkan komitmen mendalam untuk menjadi bank yang kuat secara finansial, sehat dalam tata kelola, dan hadir secara nyata dalam kehidupan masyarakat,” tutur Agus.
Momentum yang Sarat Makna
Peluncuran rebranding dan logo baru Bank DKI dilakukan secara simbolik di Taman Literasi Blok M, karena merepresentasikan ruang publik yang hidup, inklusif, dan mencerdaskan. Menurut Agus, taman itu menggambarkan esensi dari peran baru Bank Jakarta: memberdayakan, menginspirasi, dan membangun kepercayaan dari akar masyarakat.
Peluncuran diadakan pada siang hari sebagai simbol, transformasi Bank DKI hadir di tengah denyut aktivitas kota, bukan dari ruang yang steril. Ini juga sejalan dengan tagline Bank Jakarta: “Membangun Masa Depan” — sebuah ajakan kolektif untuk tumbuh bersama, berdaya saing tinggi, dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan.
Penggunaan Nama dan Logo Lama Masih Berlaku Sementara
Sekretaris Perusahaan PT Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, penggunaan call name dan logo baru “Bank Jakarta” akan diterapkan secara bertahap. Selama masa transisi, identitas sebelumnya masih akan digunakan. Semua hubungan hukum dengan nasabah dan mitra tetap berjalan normal dan tidak mengalami perubahan.
Arie menghimbau masyarakat berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatasnamakan perubahan identitas Bank DKI, dan memastikan seluruh informasi resmi hanya diperoleh melalui kanal resmi bank dan Call Center 1500 351.
Bank Jakarta: Wajah Baru, Komitmen Baru
Dengan rebdranding ini, PT Bank DKI menegaskan tekadnya untuk melangkah lebih jauh sebagai Bank Jakarta, sebuah institusi keuangan yang tidak hanya tumbuh secara bisnis, tapi juga hadir dengan semangat pelayanan publik, relevansi digital, dan visi keberlanjutan. Bank Jakarta. Wajah Baru. Komitmen Baru. Membangun Masa Depan.