Sabtu, Oktober 25, 2025
HomeBankInovasi Produk dan Layanan, OCBC Bukukan Laba Rp2,57 T

Inovasi Produk dan Layanan, OCBC Bukukan Laba Rp2,57 T

Hingga 30 Juni 2025, Bank OCBC NISP membukukan laba bersih sebesar Rp2,57 triliun, tumbuh 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini didukung oleh jumlah pendapatan yang meningkat sebesar 14 persen (yoy). Jumlah dana pihak ketiga (DPK) meningkat 9 persen (yoy) menjadi Rp216,28 triliun, sedangkan jumlah kredit yang diberikan tumbuh 2 persen (yoy) menjadi Rp166,34 triliun.

OCBC juga berhasil menjaga kualitas aset yang tercermin dari kredit bermasalah bruto (Gross NPL) yang turun menjadi 1,9 persen dari 2,0 persen pada periode yang sama tahun lalu, dan lebih rendah dibandingkan rata-rata industri, sementara NPL Net stabil sebesar 0,7 persen.

Likuiditas dan permodalan Bank terjaga dengan baik, tercermin dari Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 267 persen dan rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 23,6 persen, jauh di atas ketentuan minimum regulator.

“Kami senantiasa berfokus pada pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya kami tetap menerapkan prinsip kehatian-hatian serta menjaga keseimbangan antara pencapaian perkembangan dan pengelolaan risiko secara optimal,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC dikutip dari siaran persnya Sabtu (02/08).

baca juga: Komitmen OCBC Dorong Green Mortgage Hingga Green Building

Dengan fondasi tersebut, OCBC terus berupaya mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan sekaligus menjaga kualitas aset dan likuiditas yang kuat. Sebagai bagian dari penguatan struktur pendanaan dan dukungan terhadap pertumbuhan kredit yang berkualitas dan berkelanjutan, baru-baru ini OCBC menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV OCBC Tahap I Tahun 2025 senilai Rp1,5 triliun.

“Terlepas dari dinamika ekonomi yang terjadi saat ini, kami akan terus aktif berkolaborasi untuk membuka peluang baru agar dapat memperluas akses keuangan baik dalam pendanaan maupun pengembangan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan nasabah,” imbuhnya.

Dalam memperkenalkan layanan individu, OCBC secara konsisten mengusung #FUNanciallyFIT yaitu pentingnya mengelola keuangan secara bijak dan menyeimbangkan gaya hidup yang esensial dan berkelanjutan dengan menghadirkan produk-produk inovatif seperti Kartu Kredit OCBC Voyage, Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum, dan Young NYALA.

Baca juga: “Kita Usahakan Rumah Itu”, Kampanye Bank OCBC Untuk Anak Muda

Selain itu sepanjang semester I 2025, OCBC juga berhasil meraih berbagai penghargaan dari berbagai kategori, mulai dari tata kelola perusahaan, produk dan layanan, teknologi digitalisasi, hingga kekaryawanan.

Berita Terkait

Ekonomi

Trump Suka-Suka Bikin Kebijakan, Rupiah Kian Melemah

Presiden AS Donald Trump dengan kebijakan suka-sukanya, masih menjadi...

Pertumbuhan Ekonomi Digital Jakarta Tercepat di Asia Tenggara

Posisi Jakarta kian kuat sebagai salah satu ekonomi digital...

September Jumlah Uang Beredar Kian Besar. Tanda Ekonomi Terus Membaik?

Uang beredar adalah indikator aktivitas ekonomi. Kenaikan atau penurunan...

Bunga Masih Tinggi, Penyaluran Kredit Stagnan, Kredit yang Belum Dicairkan Besar

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan, penurunan BI-Rate 150...

Berita Terkini