HousingEstate, Jakarta - Liburan sekolah semester ganjil 2014 segera datang. Barangkali Anda sudah punya rencana berlibur bersama keluarga dengan mendatangi tempat-tempat wisata yang menarik di tanah air. Kalau belum Pulau Belitung di Propinsi Bangka Belitung layak untuk dikunjungi. Pulau ini dikenal punya lingkungan alam indah dan obyek-obyek wisata menarik.

Belitung terkenal dengan pantainya yang indah dan bersih. Keelokan pulau ini terekam dalam film Laskar Pelangi dan menggugah keingintahuan masyarakat tentang pariwisata Belitung. Di Belitung ada beberapa obyek wisata menarik, selain pantai juga ada rumah adat. Berikut beberapa obyek wisata di Belitung yang layak dikunjungi.

1. Pulau Lengkuas

Daya tarik Pulau Lengkuas yang menjadi destinasi wisata di Belitung adalah mercusuar yang didirikan sejak zaman Belanda. Mercusuar ini sampai sekarang masih berfungsi sebagai pemandu para nelayan dalam berlayar. Ketinggian mercusuar ini 19 lantai dan wisatawan dapat masuk ke dalamnya.  Dari lantai teratas kita dapat melihat pemandangan pantai yang sangat menarik.  Bukan hanya mercusuar, di Pulau Lengkuas Anda bisa snorkeling, melihat keindahan dunia bawah laut, ikan dan terumbu karang.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pasir-Putih-Pantai-Tanjung-Tinggi-Belitung

Pantai Tanjung Tinggi menawarkan keindahan pantai yang sudah terkenal seantero negeri. Pantai Tanjung Tinggi hanya berjarak 30 km dari Pulau Lengkuas sehingga dari tempat ini Anda dapat menyaksikan keindahan Pulau Lengkuas lengkap dengan mercusuar dari kejauhan. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat berlangsungnya syuting film Laskar Pelangi. Pantainya indah dengan hamparan pasir putih yang menghiasi sepanjang bibir pantai. Ombaknya tenang sehingga cocok untuk wisata keluarga. Obyek yang tidak boleh terlewatkan adalah batu granit raksasa di pinggir pantai yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

3. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam cocok untuk menikmati keindahan sunset. Bukan hanya wisatawan, penduduk setempat pada sore hari juga berbondong-bondong ke pantau untuk menikmati terbenamnya sang surya. Terkadang warga sekitar menampilkan kebudayaan local sehingga suasananya menjadi lebih meriah.  Pada bulan Juni-Juli, biasanya digelar kebudayaan lokal yang disebut “Festival Buang Jong.“ Buang Jong merupakan kebiasaan penduduk lokal untuk menyingkirkan malapetaka.

4. Rumah Tuan Kuase

Tempat wisata di Belitung ini terletak di Jl Melati, Kawasan Tanjung Pendam, Belitung.  Dulu rumah Tuan Kuase adalah sebuah kantor pemerintah Belanda. Bangunan ini sampai sekarang masih kokoh dan dirawat oleh pemerintah Belitung. Saat ini bangunan ini difungsikan menjadi tempat pemerintahan kota Belitung.

5. Rumah Adat Belitung

Rumah-Adat-Belitung

Jangan mengaku pernah ke Belitung kalau belum mendatangi tempat wisata di Belitung yang satu ini. Tempat wisata ini merupakan salah satu ikon Belitung. Rumah adat atau lebih dikenal dengan Rumah Gede merupakan rumah panggung yang menjadi rumah adat khas dari Bangka Belitung. Di dalam Rumah Gede banyak sekali koleksi artefak yang ditemukan di sekitar Belitung. Di ruang utama terdapat diorama pengantin sekaligus pakaian adat pernikahan khas Belitung serta kelengkapan rumah yang masih sangat orisinil.

Sumber : www.tempatwisataid.com