HousingEstate, Jakarta - Kamar mandi tipe apa yang Anda perlukan di rumah? Kamar kecil untuk sekadar berhias atau kamar mandi lengkap dengan bathtub? Ada bermacam-macam tipe toilet atau kamar mandi berdasarkan fungsinya yang bisa diterapkan di rumah. Sebelum menentukan pilihan, pastikan dulu kebutuhan Anda supaya tidak terjadi pemborosan.

Kisaran dana pembuatan toilet paling sederhana berukuran 1,2 x 2 m2 mulai dari Rp3 juta dilengkapi kloset duduk, kran shower, serta keramik pada lantai dan dinding. Kamar mandi dengan peralatan lengkap yang terdiri dari kloset, wastafel, kotak shower, bathtub dengan sistem whirlpool, fasilitas air panas dan dingin hingga sauna, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Powder Room

Powder room adalah toilet kering yang diperuntukkan bagi tamu yang berkunjung ke rumah. Toilet ini hanya berfungsi untuk kloset, wastafel, dan cermin.Powder room disebut juga tipe half bathroom karena tidak ada fasilitas untuk mandi. Di Indonesia khususnya pada keluarga muslim, kadang ditambahkan kran untuk berwudu. Letakkan toilet berdekatan dengan ruang tamu atau ruang keluarga sehingga mudah dicapai.

tipe-kamar-mandi-4
Master Bathroom

Master bathroom adalah istilah untuk kamar mandi yang berada di dalam kamar tidur utama. Umumnya didesain lebih khusus, lebih luas dan privat. Diisi perlengkapan komplit mulai dari tempat mandi berupa shower dan bathtub, kloset juga wastafel. Jumlah wastafel bisa ditempatkan hingga dua buah berdampingan untuk memudahkan digunakan secara bersamaan.

tipe-kamar-mandi-3
tipe-kamar-mandi-2

Kamar Mandi ¾ dan Full

Kamar mandi lengkap berfungsi untuk tempat mandi, kloset, dan wastafel. Umumnya digunakan penghuni sehari-hari di rumah. Tipe ini juga bisa dibedakan menurut kelengkapan fasilitas mandi di dalamnya. Ada yang disebut full bathroom dengan fasilitas kotak shower dan bathtub atau ¾ bathroom yang hanya dilengkapi area shower. Wastafel tidak mutlak harus ada di dalam, tapi bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang tersedia. Letakkan kamar mandi lebih privat dan sedekat mungkin dengan kamar tidur pemakainya.

Saran Desainer

Arsitek Sigit Antoro memberi saran penghitungan kebutuhan kamar mandi di rumah disesuaikan dengan jumlah penghuni, jumlah kamar tidur, dan gaya hidup pemilik rumah. Kamar tidur utama bisa dibuatkan toilet tersendiri, sedangkan kamar anak dan kamar tamu bisa dibuatkan minimal satu toilet untuk dua kamar yang bisa dipakai secara berbagi.

Posisi toilet sebaiknya berbatasan dengan area luar dan dipasangi jendela agar sirkulasi udara lancar serta cukup cahaya sehingga ruang tidak lembab dan lebih higienis.

Posisi toilet di lantai dua sebaiknya tidak berada di atas dapur atau pantry (dapur kering). Dari sisi higienitas, jika terjadi masalah berupa rembes atau kebocoran saluran tentunya akan berdampak fatal pada ruang di bawahnya. Idealnya posisi toilet di lantai atas segaris secara vertikal dengan posisi toilet di lantai bawah agar instalasi pemipaan lebih efisen dan aman.

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Agustus 2015, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.