HousingEstate, Jakarta - Tahun 2019 masih menjadi periode menantang bagi pengembang. Tapi, dalam kondisi demikian ada sejumlah proyek yang penjualannya masih cukup mengesankan. Salah satunya Jakarta Garden City (370 ha) besutan PT Mitra Sindo Sukses (Modernland) di Cakung, Jakarta Timur. Tahun ini Jakarta Garden City (JGC) muncul sebagai township paling laris di Jakarta. Hingga Oktober 2019 membukukan penjualan Rp900 miliar dari penjualan rumah, ruko, dan produk properti lain. Karena itu JGC mendapat HousingEstate Awards 2019 kategori The Most Favorite Middle Up House of Township Scale Housing in Jakarta. Tahun lalu JGC juga mendapatkannya karena kinerja penjualannya yang juga bagus.

Kontribusi terbanyak dari penjualan rumah di klaster The Savoy, Mahakam, Shinano, La Seine. Angka Rp900 miliar itu belum termasuk penjualan kaveling komersial yang nilainya juga cukup besar. Salah satu pembelinya Lotte asal Korea. Nilai transaksinya mendekati Rp1 triliun. Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales JGC, menyebutkan, kondisi pasar properti tahun ini tidak lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi dengan keunggulan yang dimiliki JGC, hingga Oktober 2019 penjualannya rata-rata Rp90 miliar per bulan.

William, Sales Manager PT Mitra Sindo Sukses

Selama Januari-Juni penjualannya selalu di atas Rp60 miliar/bulan. Februari 2019, dua bulan sebelum pilpres, penjualannya Rp146 miliar dari klaster Mahakam tahap 1, Shinano, dan ruko. Bulan berikutnya penjualannya turun, dan pada puncak tahun politik April 2019 naik lagi menjadi Rp142 miliar. Karena produk yang ditawarkan cukup bagus dan kawasannya prospektif, konsumen tidak ragu bertransaksi. Ia memberi contoh penjualan Juni 2019 saat libur lebaran dan tahun ajaran baru, penjualannya masih di atas Rp100 miliar. “Konsumen selalu ada. Mereka hanya lebih selektif. Kalau produknya menarik, pasti dibeli,” katanya.

Konsumen banyak yang tertarik karena saat ini JGC satu-satunya proyek di Jakarta dengan area pengembangan berskala kota baru. Pengembangannya mengintegrasikan hunian dengan kawasan bisnis didukung fasilitas komplit. Di dalamnya sudah terdapat AEON Mall, sekolah, area komersial, pasar modern, dan lifestyle center. Gerai IKEA seluas 89.000 m2 di atas lahan 3,7 ha dalam proses pembangunan dengan target beroperasi tahun depan.

Daya tarik JGC makin kuat karena township ini berpotensi menjadi alternatif Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang harga propertinya sudah tinggi. Harga rumah di JGC juga reasonable dan lokasinya strategis di pinggir jalan tol Cakung-Cilincing. Jadi, mudah diakses dari berbagai kawasan di Jakarta dan sekitarnya. Jaraknya hanya 4 km melalui Jl Tipar Cakung dari Kelapa Gading.

JGC sendiri menyiapkan program pemasaran dan sejumlah produk yang akan dilempar ke pasar setiap saat bila dibutuhkan. Februari 2019 diluncurkan klaster Mahakam tahap 2 yang mendapat respon positif. Dari 108 unit langsung terjual 70-an unit senilai Rp135 miliar. Ditawarkan juga produk yang lebih terjangkau dengan melakukan resizing. Tipe besar ukuran 8×17 m yang harganya di atas Rp2 miliar dikecilkan menjadi 56 m2 (4,5×14) seharga Rp1,3 miliar. Resizing diterapkan di klaster Savoy tahap 2 termasuk meluncurkan rumah lebar 5 m di klaster La Sein. Digelar juga expo di AEON Mall JGC. Hasilnya bagus. Dalam tiga hari 40 unit di Savoy blok hadap barat habis. Apalagi, cara bayarnya sangat fleksibel.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020