HousingEstate, Jakarta - Profil alumunium ekstrusi (dibuat dengan di-press di mesin ekstrusi) saat ini sudah lazim digunakan sebagai material bangunan dan non bangunan. Mulai dari kusen pintu-jendela, rolling door, louvre, curtain wall, lemari pajang, sistem partisi ruangan, furnitur, hingga keperluan otomotif seperti foot step, roof rack, dan berbagai aksesori lainnya.

Brand yang cukup menonjol dari produk ini adalah Alexindo hasil produksi PT Aluminium Extrusion Indonesia (Alexindo) yang meraih penghargaan Housing Estate Awards (HEA) 2019 kategori The Most Favorite of Alumunium Frame in Middle Up Class Housing. Kualitas serta ketahanan produk yang baik membuat Alexindo beberapa kali meraih penghargaan HEA.

“Kami berterima kasih karena produk kami kembali meraih penghargaan HEA 2019. Ini berkat dedikasi, kerja sama tim yang solid baik dari tim produksi, marketing, maupun yang lain, yang semua menjadi satu kesatuan, selain dukungan dari manajemen dan owner. Selama ini strategi kami selalu didukung penuh sehingga brand kami juga selalu yang dipilih di market,” kata Wemby Gustiar, Marketing Manager Alexindo.

Produk Alexindo kebanyakan dipakai proyek para pengembang, pemerintah, dan lain-lain. Produknya banyak dipakai untuk highrise building, landed house, industri, kantor-kantor pemerintah, rumah sakit, dan lain sebagainya dengan lokasi terbanyak di Jabodetabek dan kota-kota di Pulau Jawa seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, hingga luar pulau seperti Lampung, Balikpapan, Makassar.

Garansi 25 tahun

Alexindo memiliki ketebalan bahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar, mulai dari satu millimeter (mm) hingga spesifikasi sesuai kebutuhan (custom). Bahan baku Alexindo menggunakan alumunium murni dan billet alumunium dari Inalum (Indonesia Asahan Alumunium), EGA (Emirates Global Alumunium), dan Rio Tinto Australia.

Yang membuat produknya lebih special, dilapisi finishing anodizing, powder coating, dan fluorocarbon painting dengan banyak pilihan warna. Kualitas dan ketahanan produknya sangat baik hingga diberi garansi untuk finishing anodizing hingga 10 tahun. Bahkan, garansi untuk powder coating exterior mencapai 25 tahun.

Saat ini Alexindo memiliki beberapa pabrik di Bekasi dan Subang (Jawa Barat) yang dilengkapi 10 mesin ekstrusi canggih buatan Jerman, Jepang, dan Taiwan. Mesin press-nya diklaim saat ini yang terbesar di Asia Tenggara yang bisa memproduksi billet hingga ukuran 12 inci. Selain itu pabriknya juga dilengkapi fasilitas finishing anodizing dan coloring dengan teknologi dari Italia dan Amerika.

“Kapasitas produksi kami per bulan mencapai 1.500-2.000 ton untuk Alexindo saja. Tahun ini pertumbuhan kami nggak banyak, hanya naik 1-2 persen tapi tahun depan kami lebih optimistis bisa tumbuh 3-5 persen. Kami juga terus berinovasi dengan mengeluarkan produk baru finish good dari selama ini hanya raw material, batangan atau bar. Akan ada juga produk baru semi finish good sehingga pilihannya makin lengkap,” tutur Wemby.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020