HousingEstate, Jakarta - Bank BTN menuai sukses dari produk KPR yang menyasar khusus kalangan milenial, yaitu KPR Gaeesss. Karena itu produk dengan fitur-fitur khusus yang memberi kmudahan bagi milenial dalam membeli rumah dengan KPR Bank BTN, ini mendapatkan penghargaan sebagai The Most Innovative Bank on Housing Mortgage Product for Millenials dalam HousingEstate Awards (HEA) 2019 yang diselenggarakan majalah HousingEstate dan housingestate.id.

“KPR Gaeesss diluncurkan akhir tahun lalu. Dalam setahun perjalananannya, kami berhasil membukukan transaksi dari KPR khusus untuk kaum milenial itu sebanyak Rp1,5 triliun atau rata-rata Rp300 miliar setiap bulan. Potensi pasar kalangan milenial yang besar membuat kami menyasar khusus segmen itu dengan produk khusus,” kata Suryanti Agustinar, Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division Bank BTN.

Selama ini segmen debitur kalangan muda dengan rentang usia 21-35 tahun itu cukup banyak di Bank BTN. Adanya produk spesial untuk kalangan pekerja muda itu membuat responnya jadi lebih bagus, terutama dari calon debitur yang baru pertama kali membeli hunian yang biasanya untuk dihuni sendiri (end user).

Menyesuaikan milenial

KPR Gaeesss dirancang agar mampu memberikan solusi terhadap berbagai kendala yang dihadapi kebanyakan kaum muda dalam membeli rumah dengan fasilitas KPR. Di antaranya pengenaan depe ekstra ringan mulai 1-5 persen, hingga tenor kredit yang ekstra panjang hingga 30 tahun khususnya untuk milenial yang baru bekerja.

Ada juga fitur yang membebaskan debitur dari membayar pokok pinjaman selama dua tahun pertama. Jadi, selama periode itu mereka cukup membayar bunga saja sehingga beban keuangannya lebih ringan. Mereka pun bisa lebih leluasa mengatur penghasilannya yang umumnya masih relatif terbatas.

Awalnya KPR Gaeesss diniatkan menyasar pekerja milenial dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI-Polri, dan perusahaan swasta yang memiliki kepastian pendapatan. Tapi, kemudian produk itu juga tidak tertutup untuk pekerja milenial dari sektor informal seperti founder start up, freelancer, pekerja kreatif, dan sejenisnya, selama mereka bisa menunjukan kemampuan membayar cicilan. Misalnya, dengan menabung sebagian penghasilannya secara teratur di bank penyalur KPR.

“Kami sangat mengapresiasi penghargaan dari Housing Estate Awards ini, karena bisa semakin mendorong kami untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi kepada kalangan milenial yang potensi pasarnya saat ini sangat besar. Tahun depan kami masih akan fokus menggarap segmen milenial ini,” jelas Suryanti.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020