HousingEstate, Jakarta - Genteng beton Cengkareng Permai (CP) dari PT Cengkareng Permai meraih penghargaan The Most Favorite of Concrete Roof in Housing Projects di ajang Housing Estate Awards (HEA) 2019. Genteng beton CP banyak digunakan di proyek-proyek perumahan, bahkan 90 persen produknya berhasil dipasarkan untuk proyek pengembang real estate.

Menurut Surya Gunawan, Marketing Manager PT Cengkareng Permai, saat bisnis properti masih sulit seperti sekian tahun terakhir, pihaknya sangat bangga masih bisa menjalankan bisnis dengan baik hingga diberikan apresiasi di ajang HEA 2019. “Saat situasi seperti ini kami tetap terus meningkatkan hubungan yang baik dan relasi, dan itu jadi faktor kunci supaya kita masih bisa bertahan di tengah iklim bisnis yang sangat menantang,” katanya.

Bahkan, dalam situasi bisnis seperti sekarang CP berani mengambil langkah bisnis dengan menghadirkan produk baru Glassa, genteng beton yang diglasur dengan ceramic coating sehingga tampilan dan kualitasnya mirip dengan genteng keramik. Potensi dan celah permintaan untuk produk-produk tertentu tetap terbuka, sehingga produk baru tetap punya potensi bagus diluncurkan.

Fokus developer

Aktivitas bisnis yang masih relatif baik membuat CP masih akan fokus menggarap segmen pasar dari kalangan developer, khususnya yang mengembangkan kawasan-kawasan besar untuk menjamin kontinuitas pemasaran produknya. Hingga saat ini penyaluran produk CP mencapai 70 persen di kawasan megapolitan Jabodetabek untuk proyek-proyek real estate.

Karena itu kapasitas produksi CP juga terus merangkak naik dengan ratarata 5-10 persen per tahun. Pencapaian tersebut masih cukup baik dalam kondisi seperti sekarang. Hingga tahun depan CP menargetkan pertumbuhan moderat 10 persen dibandingkan tahun ini yang tumbuh tipis di kisaran lima persenan.

Range produk yang dihadirkan juga makin lengkap untuk semua segmen mulai dari di bawah Rp5.000, Rp6.000-an, dan yang tertinggi Rp9.000-an per keping. Saat ini kapasitas produksi pabriknya mencapai 30-40 ribu keping per hari dan akan terus ditingkatkan, guna menyesuaikan dengan kapasitas pabrik yang mencapai 80 ribu keping per hari. Selain genteng beton, CP juga memiliki genteng keramik yang diproduksi sister company-nya PT Catraparama Keramika.

“Range produk kami cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasar, mulai dari segmen bawah, menengah, hingga atas. Kami juga mulai masuk ke segmen yang lebih besar, yaitu program pembangunan sejuta rumah yang menjadi program prioritas pemerintah. Jadi, walaupun sekarang segmen pasar terbesar kami dari kalangan developer, secara bertahap kami juga terus meningkatkan segmen ritel khususnya untuk keperluan renovasi,” jelas Surya.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate