HousingEstate, Jakarta - PT Yasunli Abadi Utama Plastik (Yasunli) merupakan produsen lokal produk plastik yang dirintis sebagai perusahaan keluarga sejak tahun 1980. Dari bermodalkan tiga mesin injeksi untuk memproduksi berbagai produk dan komponen elektrik, Yasunli terus bertumbuh hingga saat ini memiliki enam pabrik di Tangerang dan Bekasi dengan kapasitas 6.000 ton per bulan.

Menjelang eksistensinya ke-40, Yasunli mulai bertransformasi dan menerapkan berbagai strategi untuk memperbesar bisnis dengan menyediakan produk terbaik dan solusi satu atap di bidang produk plastik. Salah satunya dengan menggandeng desainer dari Jepang untuk  menghadirkan produk dengan desain terbaik.

“Selama ini bisnis kami menyasar B to B (pasar bisnis). Pada momentum 40 tahun keberadaan kami mulai merambah ke B to C (bisnis ritel). Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan produk lighting dan lifestyle, melengkapi produk ritel kami seperti paper tray, tumbler flip flop, boks  lipat, container box, loker, dan lain sebagainya,” kata Jouw Erwin, Executive Director Yasunli saat perayaan ulang tahun dan media gathering di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Kiprah Yasunli sudah cukup luas khususnya menyuplai kebutuhan berbagai perusahaan multinasional. Yang terbaru, perusahaan ini memegang 50 persen market share helm untuk Honda dan transportasi online Grab dan Gojek. Rata-rata produksi helm para klien Yasunli ini mencapai 350 ribu buah setiap bulan.

Untuk produksi rata-rata pallet (plastik untuk ambalan kebutuhan industri) Yasunli mencapai 3.000 buah setiap bulan. Yasunli juga memegang supplier spare parts plastik untuk produk mesin cuci Sharp mencapai 40 persen. Klien besar lainnya antara lain Astra Honda Motor, Epson, Polytron, Yamaha, dan lain sebagainya.

“Tahun ini kami akan memulai produk ritel untuk home & living products dengan menggandeng Yasuhide Yokoi, desainer industri dari Jepang. Seluruh produk  kami 100 persen menggunakan material local. Untuk produk ritel akan diluncurkan bulan Juli 2020 saat puncak perayaan hari jadi Yasunli ke-40,” jelas Erwin.

Tahun ini Yasunli menyelenggarakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) bertajuk Yasunli Color Up Your School. Melalui program ini Yasunli ingin membantu semangat para peserta didik untuk terus meningkatkan semangat belajar. Program CSR ini merupakan lanjutan dari tahun 2019 yang telah mendonasikan 100 loker, 300 tumbler, dan 50 box lipat senilai Rp46,5 juta.