HousingEstate, Jakarta - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) sebagai lembaga penyalur dana KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP)  dan Bank BRI  melaksanakan  akad kredit masal KPR FLPP  secara online melalui aplikasi zoom.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, acara akad kredit masal oleh Bank BRI ini dilaksanakan secara serentak di enam kota. Ada  sebanyak 500 debitur yang ikut akad kredit massal itu. “Total ada 1.500 debitur yang mendapatkan KPR subsidi FLPP di enam kota itu, yaitu Medan, Malang, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Jayapura. Jadi acara akad kredit secara online ini akan dilakukan secara bergelombang hingga 1.500 debitur,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan dari Jakarta, Senini (22/6).

Pada tahun 2020  Bank BRI akan menyalurkan KPR FLPP sebanyak 3.000 unit  senilai Rp321,9 miliar. Adapun progress penyalurannya  hingga 17 Juni 2020 sudah  hampir separuhnya, yaitu sebanyak 1.452 unit senilai Rp151,4 miliar. Dengan pencapaian ini Bank BRI menduduki peringkat enam  dari 42 bank pelaksana penyalur FLPP.

Konsep kemudahan akad dengan menerapkan teknologi informasi secara online ini akan terus didorong oleh PPDPP. Arief menyebut, sejak awal tahun 2020 PPDPP juga telah menerapkan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kalangan pengembang, hingga perbankan yang menjadi stakeholder utama program perumahan.

PPDPP misalnya, telah menerapkan aplikasi  Sistmen Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) untuk kalangan MBR dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) untuk kalangan pengembang. Kedua aplikasi ini dikelola oleh PPDPP dan penggunanya terus meningkat setiap harinya. Ada ribuan lokasi rumah murah dari 18 asosiasi pengembang yang bisa diakses di sistem PPDPP.

“Dengan berbagai kemudahan yang terus kami hadirkan dan kembangkan, kami berharap peluang MBR  menjadi lebih sejahtera bisa segera terwujud dan manfaat dari program bantuan perumahan ini juga bisa dirasakan dampaknya secara maksimal dan bisa dinikmati oleh yang lain. Rumah ini sangat krusial untuk pengembangan keluarga,” katanya.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020