HousingEstate, Jakarta - Selama menghabiskan waktu di rumah akibat pandemi Covid-19, berbagai perangkat elektronik home appliances semakin sering digunakan. Setiap perangkat tersebut memiliki kegunaan dan fungsi tersendiri untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari dan dengan penggunaan yang lebih sering perhatian terhadap berbagai perangkat ini justru mesti lebih ditingkatkan.

Menurut Tyo Sulistyo, Customer Care Manager Beko Indonesia, perangkat home appliances asal Turki (Eropa), penggunaan dan perawatan home appliances sama pentingnya untuk memastikan berbagai perangkat tetap bisa berfungsi optimal dan umur pakainya panjang bukannya sebentar-sebentar rusak.

“Makanya kami di Beko selalu memastikan untuk keluarkan produk yang tepat berkualitas dengan standar dunia dan melengkapi dengan sosialisasi dan edukasi penggunaan produk yang tepat hingga fase perbaikan. Kinerja yang maksimal bisa didapatkan bila kita menggunakan produk dan maintenance dengan tepat juga,” katanya kepada housingestate.id, Senin (9/11).

Kualitas produk home appliances baru akan teruji setelah produknya digunakan langsung oleh konsumen dan karena itu pengetahuan maupun perawatan produk menjadi sangat penting. Menurut Tyo, sekitar 25 persen klaim konsumen yang masuk ke Beko bukan karena produknya bermasalah tapi karena pemasangan maupun perlakuan terhadap produknyaa tidak tepat.

Untuk itu Beko Indonesia terus mengembangkan edukasi melalui berbagai platform digital terkait penggunaan maupun perawatan produk yang tepat. Terkait pelayanan service, hingga saat ini Beko Indonesia mengklaim 90 persen layanan terkait produk bermasalah bisa diselesaikan dalam satu kali kunjungan.

Marketing Manager Beko Indonesia Arlisa Ardhiani mengatakan, sangat penting untuk mengetahui tipe, ukuran, termasuk lifestyle kita saat akan membeli ataupun menggunakan produk home appliances. Untuk hunian yang semakin kompak seperti unit apartemen, tidak perlu membeli produk dengan kapasitas besar tapi disesuaikan dengan kebutuhan.

“Misalnya mesin cuci, kalau kita keluarga kecil cukup membeli yang kapasitas 7 kg. Patokannya, mesin cuci 7 kg bisa untuk mencuci satu bed cover ukuran queen size (180×200 cm). Begitu juga untuk penggunaan lemari es, AC, oven, dan produk home appliances lainnya, pahami betul karakteristik produk dan sesuaikan dengan kebutuhan maupun lifestyle kita,” ujarnya.

Misalnya bagi ibu-ibu yang suka memasak dan menyimpan olahan pangan tentunya memerlukan kulkas dengan kapasitas besar hingga teknologi khusus untuk memastikan aneka pangan yang disimpan di dalam kulkas tetap berkualitas. Kulkas Beko memiliki teknologi khusus yang bisa mengeluarkan cahaya seperti cahaya matahari sehingga membuat buah dan sayur seperti berada di alam yang membuatnya bisa segar lebih lama.

Begitu juga untuk pemasangan produk AC, perhatikan luas ruang termasuk ketinggian plafonnya. Pemasangan AC juga harus tepat yaitu jangan menghadap arah cahaya matahari dan berikan jarak yang cukup dengan unit outdoor-nya. Saat AC terpasang pastikan seluruh ruang tertutup sempurna dan lakukan pembersihan secara berkala karena debu merupakan salah satu kendala yang bisa membuat kinerja AC berkurang.

“Sosialisasi maupun edukasi seperti ini selalu kita hadirkan baik di brosur produk maupun di berbagai channel online. Kami juga terus mempermudah konsumen terkait kendala dengan produknya bisa melalui telpon bebas pulsa, chat via aplikasi WA, hingga puncaknya kunjungan ke rumah. Tapi konsumen sendiri harus terus meningkatkan pengetahuannya terhadap produk yang digunakan sehari-hari supaya fungsinya tetap maksimal dan umur pakainya panjang,” beber Arlisa.