HousingEstate, Jakarta - Pengembang Sinar Mas Land  menjalin kerja sama dengan PT Kawan Cicil Teknologi Utama (KawanCicil), sebuah platform layanan keuangan pinjam-meminjam berbasis teknologi informasi (TI). KawanCicil juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2018 lalu.

Kolaborasi Sinar Mas Land-KawanCicil untuk menghadirkan produk #KawanDP, yaitu program pinjaman untuk membantu konsumen membayar cicilan produk properti yang dibeli melalui SML. Menurut Mulyawan Gani, Chief Transformation Officer SML, berbagai perkembangan tren teknologi dan berbagai aplikasinya selalu direspon oleh Sinar Mas Land termasuk aplikasi pinjaman seperti ini.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat. Dengan kolaborasi ini akan memudahkan masyarakat luas dalam membeli produk SML dan ini juga menjadi inovasi dan inisiatif yang membedakan kami dengan kompetitor lain,” ujarnya.

Dengan menghadirkan fasilitas ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses pembiayaan alternatif selain bank. Pembiayaan melalui platform financial technology (fintech) ini menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih sebagai alternatif untuk kemudahan maupun kecepatan yang bisa diberikan.

Berkolaborasi dengan KawanCicil dilihat sebagai peluang untuk mengoptimalkan pengalaman konsumen untuk membeli rumah dengan berbagai alternatif cara pembiayaan. Alternatif ini juga bisa membantu konsumen menata kembali cashflow keuangannya khususnya yang terganggu saat situasi pandemi Covid-19.

“Akses pembiayaan ini juga akan membuka akses kepada pangsa pasar baru yang ingin memiliki properti tapi belum bisa melengekapi persyaratan bila mengajukannya ke bank. Jadi kami melihatnya dari sisi kenyamanan konsumen yang lebih fleksibel dan beragam terkait solusi pembiayaannya,” imbuh Mulyawan.

Managing Director KawanCicil Joyce Andries menambahkan, kerja sama ini akan membawa pengaruh positif tidak hanya untuk Sinar Mas Land dan perusahaannya tapi juga masyarakat banyak melalui inovasi dan solusi finansial yang ditawarkan.

“Kami sebagai peer-to-peer lending platform ingin memberikan pengalaman terbaik dalam menyediakan bermacam kebutuhan keuangan masyarakat. Dengan fasilitas ini kami ingin menambah lagi satu produk layanan yang bisa memberikan solusi finansial secara spesifik dengan jumlah pinjaman mencapai Rp2 miliar,” katanya.

KawanCicil bisa diakses dengan masuk ke website resmi maupun melalui aplikasi yang diunduh gratis dari Apple App Store maupun Google Play Store. Setelah mendaftar dan memasukkan data-data langsung bisa memilih jenis pinjaman yang ditampilkan pada akun. Ada tim yang akan melakukan analisis secara komprehensif melalui persyaratan dokumen yang dilengkapi untuk menentukann apakah pinjaman disetujui atau tidak.