HousingEstate, Jakarta - Managing Director Business Development Sinar Mas Land (SML)  Alim Gunadi dan Direktur Cimory Group Wenzel Sutantio baru-baru ini menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk pengembangan Cimory Dairyland di BSD City (6.000 ha), Tangerang, Banten. SML dan Cimory  akan membangun taman bermain edukasi berupa peternakan seluas 3,5 ha yang mengusung tema Farm Leisure Park in the City.

Tempat ini juga dikonsep sebagai petting zoo untuk memberikan edukasi tentang hewan termasuk interaksi dengan sejumlah hewan ternak dan peliharaan serta peninjauan proses pengolahan berbagai produk susu bagi anak-anak sekolah. Anak-anak bisa melihat proses pengolahan susu dari awal hingga dapat dikonsumsi (from farm to table). Dikonsep sebagai tempat hiburan ruang ruang (outdoor) menjadikan tempat ini alternatif untuk kegiatan sehat bagi seluruh keluarga.

“Rekreasi di alam terbuka bersama hewan bagi keluarga kini telah menjadi kebutuhan. Dengan kehadiran Cimory Dairyland, keluarga dapat beraktivitas dan belajar bersama tentang beberapa hewan ternak dan pengolahan produk dari hewan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia,” ujar Alim.

Di Cimory Dairyland ini para pengunjung juga bisa memberi makan hewan, melakukan kegiatan berkuda, memeras susu, maupun berkebun. Fase desain Cimory Dairyland akan dimulai pada tahun ini juga yang langsung dilanjutkan ke tahap konstruksi pada tahun 2022. Ditargetkan fasilitas edutainment  ini akan beroperasi pada akhir 2023 dengan proyeksi sejuta pengunjung per tahun.

Kehadiran Cimory Dairyland  akan memperkaya fasilitas edutainment di BSD City seiring pertumbuhan populasi di kota mandiri ini. Sementara itu Wenzel menambahkan, pihaknya sangat menyambut gembira kerja sama yang dilakukan dengan SML terlebih reputasi SML yang telah mengembangkan banyak proyek bersakal kota mandiri.

“BSD City merupakan kawasan kota mandiri yang sangat digemari dan menjadi pilihan tempat tinggal banyak orang. Populasi yang terus bertambah tentunya memerlukan sejumlah alternatif tempat rekreasi bagi keluarga, pada segmen ini kami sangat tertarik sehingga mengembangkan Cimory Dairyland ini,” imbuhnya.

Nantinya di Cimory Dairyland di BSD City ini ada edukasi mengenai hewan untuk memperkenalkan kepada anak-anak mengenai farm animals. Ada juga educational dairy tour yang mengusung konsep farm to table mulai memelihara sapi, memerah susu, hingga mengolahnya menjadi minuman bergizi seperti susu segar, susu kedelai, dan yogurt. Fasilitas lainnya yaitu farm leisure park, restoran, kafe, dan toko yang menyediakan susu segar Cimory langsung dari pabrik.

Berbagai jenis hewan yang disediakan di Cimory Dairyland mulai dari hewan eksotis impor maupun hewan lokal seperti sapi perah, domba, rusa, keledai, kelinci, marmut, berang-berang, monyet, dan unta dari kelompok mamalia. Ada juga berbagai jenis unggas, reptile hingga ikan. Cimory merupakan singkatan dari Cisarua Mountain Dairy yang didirikan sejak tahun 2006 yang awalnya merupakan pabrik pengolahan susu yang bekerja sama dengan peternak sapi perah setempat.

Cimory terus melebarkan sayap ke industri pariwisata dan hingga kini menjadi salah satu pengelola taman wisata di Indonesia. Beberapa pilihannya seperti Cimory Mountain View, Cimory Riverside, Cimory on The Valley, Cimory Dairyland Puncak, Cimory Dairyland Prigen, Bavarian Haus, dan Indotofu Haus.