HousingEstate, Jakarta - Toko furnishing asal Swedia, Ikea, terus ekspansif menghadirkan tokonya ke berbagai wilayah Indonesia. Kali ini Ikea hadir di Ciputra World Surabaya, Jawa Timur, yang menjadi toko Ikea pertama di wilayah timur untuk menjawab kebutuhan masyarakat di Kota Surabaya dan sekitarnya.

Prosesi groundbreaking Ikea Surabaya ini telah dilakukan pekan ini. Kehadiran Ikea di Surabaya ini juga menggandeng talenta lokal untuk menjalankan operasional toko termasuk mengupayakan internal movement dengan 20 persen dari co-workers Ikea Indonesia merupakan masyarakat lokal Surabaya yang sebelumnya bekerja di Toko Ikea lainnya.

Ikea juga menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Dinas UKM setempat untuk menghadirkan Teras Indonesia yang diisi oleh UMKM lokal untuk menjual produk andalannya di area yang disediakan Ikea secara gratis. Melalui Teras Indonesia ini Ikea Surabaya ingin memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi UKM lokal.

“Setelah membuka pick up point di Surabaya tahun lalu, kami ingin membawa solusi dan inspirasi perabot rumah tangga yang semakin dekat ke masyarakat Surabaya melalui Toko Ikea terbaru yang hadir di Ciputra World Surabaya. Kami juga ingin membawa pengaruh positif bagi masyarakat dengan membuka lapangan kerja dan talenta lokal di Teras Indonesia. Toko ini akan dibuka akhir tahun ini,” ujar Patrik Lindvall, President Director PT Rumah Mebel Nusantara (Ikea Indonesia), dalam siaran pers yang diterbitkan Jumat (12/8).

Toko Ikea Surabaya ini dibangun di atas lahan seluas 9.000 m2 di lantai LG Floor Ciputra World Surabaya. Bukan hanya produk furniture dan berbagai perangkat rumah lainnya, nantinya juga ada makanan ala Swedia dan plant-based akan tersedia di sini untuk dinikmati oleh masyarakat Surabaya.

Managing Director Ciputra Group Harun Hajadi mengatakan, Ciputra World Surabaya sangat bahagia bisa bekerja sama dengan Ikea Indonesia dan hal itu tidak terlepas dari Mal Ciputra World Surabaya yang lokasinya strategis dan berada di area superblok CBD baru gerbang Surabaya Barat yang terdapat apartemen, hotel, SOHO, perkantoran, dan fasilitas yang lengkap.

“Tentunya dengan hadirnya Ikea Surabaya ini akan melengkapi berbagai fasilitas yang sudah tersedia di sini. Kehadiran toko pusat perbelanjaan perabot rumah tangga juga kian melengkapi sarana untuk mewujudkan dekorasi hunian idaman masyarakat di Surabaya dan sekitarnya,” pungkasnya.