Sabtu, September 6, 2025
HomeBerita PropertiPenumpang Whoosh Terus Meningkat Berkat Inovasi Skema Tarif

Penumpang Whoosh Terus Meningkat Berkat Inovasi Skema Tarif

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), operator kereta cepat Whoosh, mencatat peningkatan signifikan jumlah penumpang Whoosh selama semester pertama tahun 2025.

Hingga akhir Juni 2025 total sebanyak 2.936.599 penumpang telah dilayani, meningkat sekitar 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.668.894 penumpang.

Semester pertama 2025 diwarnai banyak momen libur panjang termasuk libur Idul Fitri, yang turut mendorong lonjakan penumpang harian Whoosh. Rata-rata penumpang pada momen-momen itu mencapai 24.000 hingga 25.000 penumpang per hari.

Puncaknya terjadi pada 27 Juni 2025, saat KCIC mencatat rekor 26.770 penumpang dalam satu hari, bertepatan dengan libur Tahun Baru Islam dan libur sekolah.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyampaikan, peningkatan itu mencerminkan kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh terhadap layanan Whoosh sebagai moda transportasi pilihan utama di koridor Jakarta–Bandung.

“Salah satu faktor utama peningkatan adalah Inovasi Skema Tarif, dan penambahan jumlah perjalanan Whoosh dari sebelumnya 48 menjadi 62 perjalanan per hari. Dengan frekuensi keberangkatan setiap 30 menit sekali, lebih banyak masyarakat yang dapat dilayani,” kata Eva melalui keterangan resmi baru-baru ini.

Baca juga: Sejak Beroperasi Sampai 25 Juni 2025, Whoosh Telah Layani 10 Juta Penumpang

Pada 2025 Stasiun Karawang juga telah beroperasi penuh untuk naik-turun penumpang, dengan rata-rata melayani 1.000 hingga 2.000 penumpang per hari. Kehadiran stasiun ini memperluas jangkauan layanan Whoosh dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Dari sisi pentarifan, skema baru kartu berlangganan Whoosh juga diperkenalkan dengan tarif hemat, hanya Rp200.000 per perjalanan, atau lebih murah 43 persen dari harga normal, untuk relasi Jakarta–Bandung dan sebaliknya.

Selain itu dari sisi layanan, KCIC juga menerbitkan kebijakan reschedule tiket hingga 15 menit setelah jadwal keberangkatan tanpa potongan biaya, memberikan keleluasaan lebih bagi penumpang.

KCIC juga terus meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang melalui penambahan berbagai layanan baru di semester ini. Mulai dari pembukaan toko official merchandise Whoosh, kehadiran tenant kuliner dan retail baru, integrasi moda lanjutan, peningkatan kapasitas parkir, hingga penyempurnaan fasilitas stasiun demi kenyamanan penumpang saat menunggu keberangkatan.

Baca juga: Whoosh Lansir Diskon Tiket Hingga 50 Persen Selama Libur Sekolah

“Capaian ini menjadi bukti nyata kepercayaan masyarakat yang makin tinggi terhadap Whoosh. KCIC akan terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik demi memberikan pengalaman perjalanan yang cepat, aman, dan nyaman bagi seluruh penumpang,” tutup Eva.

Whoosh adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam, melayani rute Jakarta–Bandung dengan empat stasiun utama: Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar Summarecon.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini