Juli 2025 Konsumsi Masyarakat Capai Titik Tertinggi, Tabungan di Titik Terendah

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) Juli 2025 yang dirilis akhir pekan lalu mengungkapkan, rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang dipakai untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) terus meningkat. Pada Juli 2025 mencapai 75,4 persen, lebih tinggi dibanding Juni 2025 sebesar 75,1 persen.
Rasio konsumsi terhadap pendapatan sebesar 75,4 persen itu, tercatat sebagai yang tertinggi dalam 9 bulan terakhir (November 2024-Juli 2025).
Empat kelompok meningkat konsumsinya pada Juli 2025. Tertinggi pada kalangan bawah (pengeluaran Rp1-2 juta), dari 76 persen menjadi 78,4 persen. Diikuti kaum menengah (pengeluaran Rp3,1-4 juta) dari 73,5 menjadi 75,3 persen. Yang menurun konsumsi kaum menengah bawah (pengeluaran Rp2,1-3 juta), dari 76,7 persen menjadi 75,9 persen.
Sementara proporsi pendapatan konsumen yang ditabung (saving to income ratio), pada Juli 2025 sebesar 13,7 persen. Lebih rendah dibanding Juni 2025 sebesar 14,1 persen. Angka 13,7 persen itu juga tercatat sebagai yang terendah dalam 9 bulan terakhir (lihat tabel).
Paling merosot rasio tabungannya kaum menengah dari 14,7 persen menjadi 13,7 persen. Diikuti kalangan bawah dari 14,1 persen menjadi 13,6 persen. Sedangkan tiga kelompok lain meningkat rasio tabungannya. Tertinggi pada kaum menengah bawah dari 13,1 persen menjadi 13,6 persen.
Sementara proporsi pendapatan untuk membayar cicilan/utang (debt to income ratio) pada Juli 2025 relatif stabil sebesar 10,9 persen, dibanding 10,8 persen pada Juni 2025. Rasio cicilan utang secara umum stabil dalam 9 bulan terakhir. Kenaikan signifikan hanya terjadi pada Januari 2025 menjadi 11,1 persen dari 10,5 pada Desember 2024.
Rasio Konsumsi, Tabungan, dan Cicilan Utang Terhadap Pendapatan (%)
Bulan Konsumsi Tabungan Cicilan
Juli 2025 75,4 13,7 10,9
Juni 2025 75,1 14,1 10,8
Mei 2025 74,3 14,9 10,8
April 2025 74,8 14,8 10,5
Maret 2025 75,3 13,8 10,8
Februari 2025 74,7 14,7 10,6
Januari 2025 73,6 15,3 11,1
Desember 2025 74,1 15,5 10,5
November 2025 74,4 15,1 10,5
Sumber: Survei Konsumen Bank Indonesia, Diolah