HousingEstate, Jakarta - Perumahan eksklusif besutan PT Intiland Development Tbk bernama South Grove (5.000 m2) ini berlokasi di Jalan Lebak Bulus 1, Jakarta Selatan. Terletak berpunggungan dengan komplek perkantoran terpadu South Quarter milik Intiland di koridor bisnis Jl RA Kartini-TB Simatupang yang dilintasi Moda Raya Terpadu atau MRT (mass rapid transit). “Di sekitar sini penawaran terbanyak berupa apartemen, sementara rumah tapak sangat langka. Karena itu kami pasarkan klaster (rumah tapak) premium ini,” kata Hammy Sugiharto, Marketing Manager South Grove.

Lokasi: South Grove, Lebak Bulus, Jakarta Selatan
Luas: 376/212 (3 lantai)
Desainer Interior: Hadiprana (Jakarta)

Rumah yang ditawarkan hanya 15 unit dan seluruhnya dirancang tiga lantai. Desain setiap rumah dibagi dalam tiga zona. Yakni, zona servis (lantai dasar) yang berisi garasi untuk dua mobil, dapur kotor, dan ruang hobi. Kemudian zona living and dining (lantai dua), serta zona privat (lantai teratas) yang berisi tiga kamar tidur. Setiap rumah sudah dilengkapi lift berkapasitas 3-4 orang, instalasi genset, dan AC split di semua ruang.

Spesifikasi bangunannya berkelas premium seperti pelapis lantai marmer, kamar mandi utama dilengkapi bathtub dan dua wastafel dari merek ternama. Intiland mematok harga jual rumah mulai dari Rp9,9 miliar/unit untuk tipe 376/209 hingga Rp12,5 miliar untuk tipe 376/283.

Developer memberi kebebasan pemilik memodifikasi denah ruang dalam sesuai kebutuhan sepanjang tidak mengubah struktur dan tampak depan (fasad) rumah. Di lokasi proyek Intiland membangun rumah contoh yang dilengkapi interior rancangan Hadiprana Design Consultant. Arsitektur rumah bergaya klasik modern berpadu dengan interior selaras yang tampil apik dan elegan.

“Arsitektur dan interior itu adalah dua elemen yang tidak dapat dipisahkan, saling mendukung satu dengan yang lainnya,” kata William K Patty, Principal Designer dari Hadiprana Design Consultant. William dan tim memilih gaya klasik greece-doric yang terkesan paling sederhana dari detil profilan dan lekukan-lekukan yang biasa dijumpai pada ujung tiang atau kepala kolom, serta sudut plafon.

Konteks lokal juga disajikan dalam tatanan interior dengan mengangkat unsur kehangatan yang menjadi ciri khas Indonesia yang tropis. Secara visual dihadirkan melalui pola batik Kawung yang populer pada elemen dekorasi dengan pendekatan modern kontemporer atau kekinian. “Pola Kawung yang diterapkan dalam elemen partisi selanjutnya menjadi benang merah dari desain setiap ruang,” jelasnya. Penasaran ingin melihat lebih detail? Berikut ulasannya.

 

Off White

Interior berkonsep klasik modern pada rumah ini dihadirkan dalam nuansa warna off white yang berkesan hangat, elegan, dan tak lekang waktu (timeless). Warna off-white diaplikasikan pada dinding ruangan yang terbuka (tidak tersekat pintu), sementara di setiap ruangan diberikan juga aksen warna sebagai karakter. Suasana setiap ruangan dihadirkan dalam satu konteks desain yang runut dan berkesinambungan. Seperti ruang-ruang semi publik di lantai dua yang terdiri dari  ruang makan, ruang kerja dan ruang keluarga didedikasikan khusus dengan sekat yang bisa dibuka-tutup.

Partisi ketiga ruang dirancang seragam berpola Kawung yang kontemporer. Ketika dalam kondisi semua ruang tertutup, terlihat kesatuan konsep interior yang apik menampilkan muatan lokal yang kuat. Keseluruhan atmosfer ruang kemudian dihidupkan dengan pencahayaan yang tepat. Penerangan mengangkat konsep warm hospitality dan memberi kekuatan pada kekayaan detail yang ada pada elemen interior. Pemilihan lampu berkarakter modern dengan prinsip-prinsip pencahayaan tersembunyi (hidden dan concealed light) untuk menyeimbangkan interior klasik yang sudah mendominasi. Permainan kontras dari penerangan utama dan aksen pencahayaan banyak diciptakan untuk menonjolkan beberapa sudut yang menjadi bidang tangkap visual dari ruangan. Pada aplikasi pencahayaan juga menerapkan prinsip hemat energi dengan teknologi LED.

 

Foyer

Area foyer (perantara) di muka pintu masuk utama diisi meja konsol dengan laci-laci penyimpanan dan cermin besar yang disandarkan ke dinding. Sehari-hari penghuni dapat memanfaatkan foyer sebagai area tunggu sebelum keluar menuju mobil di carport. “Dalam ritme hidup saat ini yang makin banyak bawaan seperti gadget, bekal sarapan, laptop, dan lain-lain, media penyiap-saji berupa console table di foyer sangat dibutuhkan selain untuk memperindah ruangan,” kata William. Foyer terletak bersebelahan dengan powder room atau toilet yang didekorasi senada dengan tema klasik modern.

 

Privat dan Multifungsi

Ruang makan didesain menjadi ruang multifungsi yang kompak dan tampil semi formal.  Karena itu komposisi kursi makan perpaduan antara sofa panjang dan kursi satuan (single chair). Aksen warna dipilih royal blue yang tampak mewah diterapkan pada kursi dan karpet. Ruang makan dilengkapi juga dengan empat meja sudut ditambah lemari penyimpanan perangkat makan. Jamuan makan privat dapat dilangsungkan di sini dengan menggeser partisi untuk menutup rapat ruangan.

 

Etalase di Ruang Kerja

Ruang kerja dengan luas terbatas dirancang juga dengan pendekatan multifungsi. Karena lokasinya persis di tengah dan terlihat langsung di depan tangga, ruangan bisa dimanfaatkan sebagai area pamer. Ada unsur etalase berupa rak-rak terbuka pada dinding untuk memajang koleksi. Sisi dinding atas ditutup dengan kerawangan berpola Kawung senada partisi untuk menutup unit indoor AC yang memanjang. Area ini bisa ditutup dengan partisi apabila ingin bekerja lebih privat.

 

Pantry dan Ruang keluarga

Pantry atau dapur bersih didesain terbuka dan menyambung dengan ruang keluarga. Kedua ruang memungkinkan interaksi dua fungsi yang berbeda dalam satu momen kebersamaan. Aksen warna di ruang keluarga menggunakan warna toska yang cerah, diaplikasikan pada sarung bantal.

 

Kamar anak

Pendekatan desain interior kamar untuk anak lelaki dan perempuan tidak terlalu mengarah ke desain yang bersifat kekanakan, tetapi cenderung bersifat dewasa. Aksen warna di kamar anak laki-laki berunsur hijau army dan semburat rose gold di kamar anak perempuan.

 

Elegan dan Hangat

Kamar tidur utama menjadi ruang terpenting yang mewakili karakter elegan dan hangat dari keseluruhan konsep interior. Elemen warna selain nuansa off white dan keemasan, diselipkan juga unsur hitam dan silver. Kombinasi dekorasi interior terlihat pada ragam lampu hias di sisi ranjang yang menampilkan karakter klasik dan modern. Area meja rias ditempatkan mengisi ceruk dinding tampak menarik dengan kaca cermin yang berbingkai unik.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate