HousingEstate, Jakarta - Mengatur interior rumah kecil sebetulnya sangat mudah. Panduannya adalah kebutuhan dasar dan tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing penghuni. Harus disadari juga, faktor kenyamanan mungkin tidak akan tercapai secara ideal karena keterbatasan ruang. “Jadi, kita tidak lagi memikirkan kenyamanan seperti di rumah besar, tapi kenyamanan sesaat di rumah kecil,” kata Rohadi, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Ia menyarankan perubahan cara berpikir diterapkan secara konsisten dan sinkron guna mendapatkan kenyamanan tinggal di rumah kecil harus. Mulai dari pemanfaatan ruang, pemilihan perabot, hingga gaya hidup sehari-hari. “Hidup di rumah kecil, kita harus sistematis dan terencana juga nggak boleh konsumtif,” kata pemilik Optima Karya Desain itu.

Perubahan Cara Berpikir Harus Diterapkan Secara Konsisten Dan Sinkron Guna Mendapatkan Kenyamanan Tinggal Di Rumah Kecil

Ia mencontohkan, rencana harian, bulanan dan tahunan terhadap pemakaian material, warna, perabot, pakaian, dan lainlain sudah harus diperhitungkan sejak awal. Gaya hidup yang simpel harus ditetapkan menjadi tujuan dari penataan rumah kecil.

Ruang Tamu dan Keluarga

Tentukan kegiatan apa saja yang banyak akan dilakukan di ruang paling depan dari rumah ini. Jika sebagai ruang tamu formal, kita bisa pilih furnitur kursi dalam dua variasi jumlah dudukan. Satu dudukan untuk tuan rumah dan dua dudukan untuk tamu.

Kalau difungsikan sebagai ruang santai keluarga, pilihan sofa tunggal dengan dua atau tiga dudukan. Jika diperlukan, tambahkan meja multifungsi yang bisa dijadikan tempat duduk atau kotak penyimpanan.

Meja Makan

Mendedikasikan ruang khusus untuk meja makan di rumah kecil sangat sulit. Sebaiknya, diintegrasikan di ruang tamu/keluarga atau dapur. Meja makan bisa disatukan dengan meja ruang tamu atau memanfaatkan sisa ruang yang ada dengan desain ringkas. Meja makan ini disambung dengan kabinet TV, dan daun meja menempel ke dinding yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan.

Kamar Tidur

Kamar tidur umumnya difungsikan untuk beristirahat dan tempat berganti pakaian. Pastikan ranjang dan lemari pakaian bisa terakomodasi di dalamnya. Furnitur pesanan yang ditanam (built in) bisa jadi pilihan untuk memenuhi ukuran ruang yang tersedia. Tambahkan laci-laci di area ranjang untuk tambahan penyimpanan, dan maksimalkan tinggi lemari untuk menyimpan pakaian dan bahan-bahan lainnya.

Dapur

Tiga kegiatan inti di dapur yakni, mencuci, memasak, dan menyimpan harus dapat terpenuhi dengan penempatan perabot yang tepat. Pilih kabinet dapur yang ringkas sesuai kebutuhan, juga peralatan memasak yang kompak. Lemari penyimpanan di dapur dapat dimaksimalkan dengan sistem rak modern yang dapat ditarik ke luar atau ke bawah agar memudahkan pengambilan barang namun tidak memakan tempat.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020