HousingEstate, Jakarta - Di  masa pandemic ini  Sinar Mas Land (SML)  cukup aktif menggelar program corporate social responsible (CSR), khususnya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat  pagebluk covid-19. Kali ini  SML  memberikan edukasi tentang lingkungan secara online kepada karyawan dan masyarakat menggunakan aplikasi Whatsapp dan Zoom.

Materi yang disajikan yaitu Bijak Menangani Sampah dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga. Menurut CSR Department Head BSD City SML, Maria Chatarina, tema ini sangat penting untuk diangkat karena sudah menjadi masalah nasional dan dengan edukasi masyarakat diharapkan mampu mengurangi volume sampah khususnya  dari rumah tangga dan kantor.

“Edukasi mengenai pentingnya tentang lingkungan ini juga merupakan komitmen perusahaan untuk mewujudkan tanggung jawab sosaialnya di bidang lingkungan. Tujuannnya untuk bisa mengubah perilaku masyarakat supaya lebih perduli terhadap lingkungan dan bisa melakukan tindakan nyata,” ujarnya.

Supendi Akbar, seorang praktisi dan penggiat lingkungan yang merupakan salah satu pemateri menambahkan, pengelolaan sampah selain menekan dampak negatif pada lingkungan, sampah juga bisa  bernilai ekonomi. “Misalnya buat sampah organik menjadi pupuk, dan sampah anor ganik di daur ulang menjadi barang yang bisa dijual,” katanya.

Edukasi secara daring ini juga merupakann rangkaian kegiatan dalam Festival Hijau BSD Ke-17 yang bertemakan Memperdayakan Masyarakat Dalam Membangun Ketahanan Pangan. Sekitar 260 peserta yang terdiri dari para guru, orang tua, dan anak mengikuti edukasi ini berturut-turut sejak 18 Mei 2020. Berbagai materi lingkungan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari juga disampaikan seperti membangun ketahanan pangan mandiri, pembibitan, pengelolaan sampah rumah tangga, pemanfaatan limbah, dan sebagainya.

Sebelumnya SML juga telah memberikan bantuan obat-obatan untuk penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan. bantuan ini untuk penanganan sampah di TPA Cipeucang yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan yang merupakan rangkaiann kegiatan Festival Hijau 2020.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020