HousingEstate, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian dua jalan tol baru di megapolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Yaitu, jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) 2 ruas Serpong–Cinere (seksi I Serpong-Pamulang 6,5 km) dan  Cengkareng (bandara)–Batu Ceper–Kunciran (14,19 km), Kamis (1/4/2021). Keduanya merupakan bagian dari enam ruas tol JORR2: Bandara-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (14,19 km), Serpong-Cinere (10,14 km), Cinere-Jagorawi (14,64 km), Cimanggis (Jagorawi)-Cibitung (25,39 km) dan Cibitung-Cilincing (34,02 km). Tol JORR 2 terkoneksi dengan semua jalan tol di Jabodetabek.

Kota baru Bintaro Jaya di Pondok Aren, Tangerang Selatan (Banten), menjadi proyek yang paling terangkat prospeknya oleh keberadan jalan tol itu. Saat ini proyek besutan PT Jaya Real Property (JRP) Tbk itu sudah memiliki akses tol langsung di jalan tol Serpong-Ulujami dan tol Serpong-Kunciran, yaitu di gerbang Tol Pondok Ranji dan Parigi.

Dengan dioperasikannya dua jalan tol baru itu, sekarang melalui gerbang tol Parigi, penghuni Bintaro Jaya, dan juga penghuni “saudaranya” perumahan besar Graha Raya yang terkoneksi satu sama lain, butuh kurang dari 30 menit menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang. Begitu pula ke berbagai penjuru Jabodetabek dan kawasan bisnis RA Kartini-TB Simatupang, Jakarta Selatan, hanya sekitar 10 menit. Ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran nanti akan tersambung dengan ruas Kunciran-Serpong melalui Simpang Susun Kunciran yang sudah beroperasi sejak akhir 2019. Pintu tol Parigi di ruas Kunciran-Serpong terletak terkoneksi langsung dengan bulevar utama Bintaro Jaya.

“Orang selalu menghubungkan rencana pembelian rumahnya dengan akses dan fasilitas transportasi. Wilayah yang didukung kemudahan transportasi dan potensi pengembangan kawasannya tinggi, rumahnya bagus untuk tempat  tinggal atau investasi. Dua jalan tol yang baru dioperasikan itu makin memudahkan aksesibilitas penghuni Bintaro Jaya ke area manapun di Jabodetabek. Apalagi jarak gerbang tolnya hanya beberapa menit dari CBD (distrik pusat bisnis) Bintaro Jaya,” kata Prabantoko Kusumoanggo, Manager Marketing Bintaro Jaya, melalui siaran pers di Tangerang Selatan, Jumat (2/4/2021).

Selain jalan tol, Bintaro Jaya juga memiliki akses kereta komuter Serpong-Tanah Abang (Jakarta) melalui stasiun Jurang Mangu, Sudimara, dan Pondok Ranji. Ada juga shuttle bus yang beroperasi pukul 5.45-19.00 dengan titik keberangkatan dari Mal Bintaro Xchange. Jadi, penghuni Bintaro Jaya yang bekerja di pusat bisnis utama Jakarta di Jalan Sudirman-Thamrin dan sekitarnya juga mudah dan cepat mencapai tempat kerjanya.

Sementara fasilitas publik yang tersedia di Bintaro Jaya sendiri sudah sangat komplit layaknya kota baru, termasuk sekolah-sekolah internasional dan universitas. Saat ini JRP tengah merampungkan pembangunan Bintaro Xchange Mall tahap dua. Di dalamnya akan diadakan Ocenarium yang dilengkapi 36 display biota laut dan air tawar.