Menilik Bisnis Hotel 2024 yang Diprediksi Bakal Cuan

Bisnis perhotelan terus menunjukkan peningkatan kinerjanya secara keseluruhan. Berakhirnya pandemi Covid-19 yang terus memunculkan berbagai adaptasi di sektor ini telah merevitalisasi hotel dan cukup sukses menarik segmen pasar dari kegiatan pariwisata, aktivitas pemerintah, korporasi, dan lainnya.
Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director-Head of Research Colliers Indonesia, situasi yang baik ini berlangsung pada tahun 2023 dan terus menunjukkan kinerja yang baik jelang musim liburan natal dan tahun baru lalu. Kondisi ini mendorong permulaan tahun 2024 kendati masih membawa situasi yang penuh tantangan
“Bagi pelaku bisnis perhotelan, untuk mencapai tingkat okupansi yang optimal pada periode kuartal pertama di awal tahun merupakan tantangan yang besar. Namun ada beberapa peluang yang bisa dioptimalkan khususnya dengan memanfaatkan aktivitas pemilu, mengadakan buka puasa selama bulan Ramadhan, hingga libur Lebaran. Proyeksi ini menunjukkan adanya kebangkitan situasi bisnis pada kuartal kedua 2024,” katanya saat paparan bisnis properti beberapa waktu lalu.
Kembali menengok aktivitas bisnis perhotelan tahun lalu, peningkatan kinerja bisnis yang signifikan bisa terjadi dengan adanya event internasional seperti KTT ASEAN yang menguntungkan hotel-hotel bintang lima. Event offline lainnya yaitu konser musik, kompetisi olahraga, pameran, dan sebagainya yang mendorong okupansi hotel hingga kegiatan MICE yang juga memperkuat industri hotel.
Baca juga: Pengusaha Hotel Berharap Pilpres Satu Putaran Saja
Pada tahun ini kinerja hotel akan dipengaruhi oleh aktivitas pemilu hingga kegiatan terkait MICE yang akan semakin kuat. Aktivitas bisnis juga akan kembali menjadi penopang khususnya pada periode kuartal kedua setelah melewati aktivitas pemilu. Berbagai indikator positif lainnya bisa dilihat dari aktivitas perjalanan yang terus meningkat.