Sabtu, Desember 6, 2025
HomeNewsEkonomiPinjol Masih yang Terbanyak Diadukan Konsumen

Pinjol Masih yang Terbanyak Diadukan Konsumen

Di industri jasa keuangan berizin atau legal, pinjaman online dalam berbagai bentuknya atau financial technology (fintech) lending, masih terbilang yang paling banyak diadukan konsumen.

Mengutip keterangan tertulis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pekan lalu, tahun ini sampai 31 Agustus 2024, OJK telah menerima 262.837 permintaan layanan melalui Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK) OJK.

Dari jumlah itu, sebanyak 20.690 permintaan layanan merupakan pengaduan. Sebanyak 7.763 pengaduan menyangkut industri financial technology (fintech), dan 7.280 pengaduan mnengenai perbankan.

Baca juga: Sekarang Nunggak Pinjol Bisa di-Blacklist Bank

Selebihnya 4.464 pengaduan tentang perusahaan pembiayaan, 894 menyangkut asuransi, diikuti pasar modal dan industri keuangan non-bank (IKNB) lainnya.

“Sebanyak 504 pengaduan berindikasi pelanggaran, dan 1.691 pengaduan berupa sengketa,” tulis keterangan OJK.

Sebanyak 86,90 persen dari pengaduan itu diklaim OJK terselesaikan, melalui internal dispute resolution di lembaga keuangan yang diadukan, dan 13,10 persen dalam proses penyelesaian.

Berita Terkait

Ekonomi

Cadangan Devisa RI Kian Meningkat, November Bertambah USD200 Juta

Cadangan devisa sangat penting bagi sebuah negara untuk menjaga...

Bencana di Sumatera Tekan Target Ekonomi, Purbaya Siapkan Mitigasi

Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa memprediksi pertumbuhan ekonomi pada...

Bank BSI Paparkan Proyeksi Perekonomian 2026

Bank BSI memproyeksikan perekonomian Indonesia tahun 2026 akan tetap...

RUPSLB OCBC Ada Banyak Penyesuaian untuk Perkuat Perusahaan

Bank OCBC NISP (OCBC) telah menyelenggarakan Rapat Ummum Pemegang...

Berita Terkini