Sabtu, September 6, 2025
HomeNewsEkonomiPinjol Masih yang Terbanyak Diadukan Konsumen

Pinjol Masih yang Terbanyak Diadukan Konsumen

Di industri jasa keuangan berizin atau legal, pinjaman online dalam berbagai bentuknya atau financial technology (fintech) lending, masih terbilang yang paling banyak diadukan konsumen.

Mengutip keterangan tertulis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pekan lalu, tahun ini sampai 31 Agustus 2024, OJK telah menerima 262.837 permintaan layanan melalui Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK) OJK.

Dari jumlah itu, sebanyak 20.690 permintaan layanan merupakan pengaduan. Sebanyak 7.763 pengaduan menyangkut industri financial technology (fintech), dan 7.280 pengaduan mnengenai perbankan.

Baca juga: Sekarang Nunggak Pinjol Bisa di-Blacklist Bank

Selebihnya 4.464 pengaduan tentang perusahaan pembiayaan, 894 menyangkut asuransi, diikuti pasar modal dan industri keuangan non-bank (IKNB) lainnya.

“Sebanyak 504 pengaduan berindikasi pelanggaran, dan 1.691 pengaduan berupa sengketa,” tulis keterangan OJK.

Sebanyak 86,90 persen dari pengaduan itu diklaim OJK terselesaikan, melalui internal dispute resolution di lembaga keuangan yang diadukan, dan 13,10 persen dalam proses penyelesaian.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini