Sabtu, September 6, 2025
HomeBerita PropertiWhoosh Catat Rekor Baru, Angkut 25.316 Penumpang Dalam Sehari

Whoosh Catat Rekor Baru, Angkut 25.316 Penumpang Dalam Sehari

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, jumlah penumpang kereta cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh mencatat rekor baru pada Sabtu (10/5/2025), mencapai 25.316 orang. Sebelumnya jumlah penumpang tertinggi yang pernah diangkut Whoosh mencapai 24.000 orang. Pemerintah sendiri menargetkan rerata penumpang Whoosh bisa mencapai 29.000 orang per hari.

Menurut General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyatakan, rekor baru 25.316 penumpang itu terjadi menyusul even libur panjang Hari Raya Waisak. Banyak warga masyarakat memanfaatkannya untuk berwisata ke Bandung dan Karawang dari Jakarta dan sebaliknya. Peningkatan jumlah penumpang itu sudah terjadi sejak Jum’at (9/5/2025) yang mencapai 22.000 orang.

Total sejak awal beroperasi pada Oktober 2023, Whoosh telah mengangkut 9,2 juta penumpang. “Pencapaian ini menjadi bukti, Whoosh makin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas yang cepat, nyaman, dan modern,” kata Eva melalui keterangan tertulis, Minggu (11/5/2025).

Ia menyebutkan, sejak Februari 2025 KCIC mengoperasikan 62 perjalanan Whoosh setiap hari. Jadwal perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya tersedia setiap 30 menit sekali, sedangkan menuju Karawang dan sebaliknya setiap 1 jam sekali.

Untuk meningkatkan pelayanan selama masa libur panjang Waisak, KCIC telah menambah loket layanan di Stasiun Halim dan Padalarang, serta menyiagakan 50 petugas tambahan untuk membantu penumpang di berbagai titik layanan.

Selain itu, disediakan pula berbagai fasilitas seperti ruang menyusui, area bermain, lift, dan water station di stasiun. Sementara bagi lansia dan penumpang berkebutuhan khusus, tersedia toilet khusus, kursi prioritas, lift, eskalator, dan kursi roda di setiap stasiun dan kereta.

Baca juga: Turis Asing yang Naik Whoosh Melonjak Selama Januari-Maret 2025

Selama libur panjang Waisak 10-13 Mei 2025, Whoosh juga menggratiskan tiket perjalanan bagi anak-anak usia di bawah 3 tahun yang tidak menempati kursi sendiri. Meskipun gratis, anak-anak tetap wajib memiliki tiket untuk kepentingan asuransi perjalanan.

Penumpang hanya perlu menambahkan data penumpang anak saat melakukan pembelian tiket dewasa melalui kanal online aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, atau secara offline di loket dan vending machine di stasiun.

Untuk memudahkan mobilitas menuju peron, seluruh stasiun Whoosh telah dilengkapi lift yang nyaman dan ramah untuk pengguna stroller. Stroller dapat dibawa masuk ke dalam kereta tanpa perlu dilipat.

Di dalam kereta juga tersedia meja ganti popok di toilet kereta nomor 4, guna membantu orang tua merawat bayinya selama perjalanan. KCIC juga menyediakan rak bagasi khusus di setiap sambungan antar kereta yang dapat digunakan untuk menyimpan stroller dengan aman dan praktis sepanjang perjalanan.

“KCIC akan terus menghadirkan layanan terbaik selama periode libur panjang akhir pekan ini agar seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bersama Whoosh,” tutup Eva.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini