Sabtu, September 6, 2025
HomeNewsEkonomiDaya Beli Lesu, Tapi Penumpang Kereta Selama Libur Idul Adha Tetap Membludak

Daya Beli Lesu, Tapi Penumpang Kereta Selama Libur Idul Adha Tetap Membludak

PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero) mencatat tingginya mobilitas masyarakat selama libur panjang Idul Adha dan cuti bersama selama 5–9 Juni 2025. Berdasarkan data kumulatif, volume penjualan tiket mencapai 957.591 atau 113 persen dari total kapasitas 850.795 tempat duduk yang disediakan KAI selama periode tersebut.

“Dari total tiket terjual itu, Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencatat 817.146 pelanggan atau 115 persen dari kapasitas 710.284 tempat duduk. Sementara KA Lokal melayani 140.445 pelanggan atau 100 persen dari kapasitas 140.511 tempat duduk,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba melalui keterangannya kemarin (11/6/2025).

Anne menyebut pencapaian itu menegaskan peran strategis kereta api sebagai moda transportasi publik yang dapat diandalkan, terutama dalam mendukung pergerakan massal masyarakat pada momen liburan nasional. Tak hanya menghubungkan kota-kota besar, layanan KAI juga membuka akses ke wilayah baru yang kini menjadi favorit pelanggan.

Salah satu relasi yang mencuri perhatian adalah jalur Sukabumi–Cipatat. Dilayani KA Lokal, relasi ini mencatat 13.613 pelanggan dari Sukabumi ke Cipatat dan 13.480 pelanggan dari Cipatat ke Sukabumi sepanjang libur Idul Adha.

“Angka ini menjadikan relasi tersebut sebagai salah satu rute dengan okupansi tertinggi, sekaligus menandai tumbuhnya potensi konektivitas baru di wilayah Jawa Barat,” ungkap Anne.

Baca juga: Whoosh Catat Rekor Baru, Angkut 25.316 Penumpang Dalam Sehari

Adapun 10 Kereta Api yang paling diminati pelanggan selama libur Idul Adha 2025 adalah:

1. KA 272 (Airlangga) Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi: 11.509 pelanggan

2. KA 271 (Airlangga) Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen: 11.069 pelanggan

3. KA 278 (Sri Tanjung) Lempuyangan – Ketapang: 7.947 pelanggan

4. KA 277 (Sri Tanjung) Ketapang – Lempuyangan: 7.917 pelanggan

5. KA 270 (Matarmaja) Pasarsenen – Malang: 7.905 pelanggan

6. KA 187 (Joglosemarkerto) Solo – Semarang – Purwokerto – Solo: 7.545 pelanggan

7. KA 269 (Matarmaja) Malang – Pasarsenen: 7.197 pelanggan

8. KA 251 (Jayakarta) Surabaya Gubeng – Pasarsenen: 7.109 pelanggan

9. KA 273 (Kahuripan) Kiaracondong – Blitar: 6.958 pelanggan

10. KA 274 (Kahuripan) Blitar – Kiaracondong: 6.929 pelanggan

Sementara itu, 10 relasi dengan volume pelanggan tertinggi selama periode tersebut antara lain:

1. Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 25.912 pelanggan

2. Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 24.726 pelanggan

3. Pasarsenen – Malang: 16.627 pelanggan

4. Malang – Pasarsenen: 16.386 pelanggan

5. Solo – Semarang Tawang Bank Jateng: 14.897 pelanggan

6. Semarang Tawang – Gambir: 13.821 pelanggan

7. Sukabumi – Cipatat: 13.613 pelanggan

8. Gambir – Semarang Tawang: 13.555 pelanggan

9. Cipatat – Sukabumi: 13.480 pelanggan

10. Pasarsenen – Solo Balapan: 12.716 pelanggan

Baca juga: Jumlah Penumpang LRT Jabodebek Melonjak Selama Triwulan Pertama 2025

“Momentum libur panjang Idul Adha kembali membuktikan, kereta api adalah pilihan utama masyarakat lintas daerah. Selain efisien dan nyaman, layanan KAI juga mendukung sektor pariwisata dan perekonomian lokal di berbagai wilayah,” ujar Anne.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, KAI menghadirkan program diskon tarif sebesar 30 persen untuk perjalanan KA Ekonomi non subsidi (NON PSO) hingga 31 Juli 2025. Program ini mencakup lebih dari 100 perjalanan dan dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI maupun situs resmi booking.kai.id.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini