Mengenal Bank Terapung: Teras BRI Kapal
Untuk memperluas jangkauan layanan keuangan dan perbankan ke seluruh pelosok negeri, Bank BRI memiliki berbagai inisiatif. Melalui Ters BRI Kapal, Bank BRI menghadirkan solusi perbankan terapung yang dirancang untuk masyarakat di wilayah pesisir dan kepualauan.
Inisiatif ini menjadi bagian dari komitmen Bank BRI dalam memperkuat inklusi keuangan nasional. Teras BRI Kapal pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 melalui Bahtera Seva I yang melayani Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kehadiran kapal tersebut menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendukung pemerataan akses keuangan bagi masyarakat di pulau-pulau kecil dan garis pantai terluar.
Sejak diluncurkan, Bank BRI telah menjadi pelopor perbankan yang menjangkau wilayah kepulauan melalui moda transportasi laut. Layanan ini memberikan kemudahan akses transaksi dan konsultasi keuangan yang sebelumnya hanya tersedia di wilayah daratan.
Melalui layanan tersebut, Bank BRI memperkuat jangkauan interaksi langsung dengan masyarakat serta membangun literasi keuangan di daerah pesisir. Inisiatif ini terus dikembangkan dengan peluncuran Bahtera Seva II dan Bahtera Seva III pada 24 Februari 2017 di Ambon.
Baca juga: Ini Sekolahku, Persembahan Untuk Guru Dari Bank BRI
Bahtera Seva II melayani kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) sedangkan Bahtera Seva III menjangkau wilayah Kepulauan Maluku dan Halmahera. Hingga akhir tahun 2024, Bank BRI telah mengoperasikan empat unit Teras BRI Kapal yang melayani berbagai wilayah kepulauan di Indonesia.
“Keberadaan Teras BRI Kapal menunjukkan upaya nyata Bank BRI dalam memperluas akses layanan keuangan hingga ke wilayah yang secara geografis sulit dijangkau. Melalui model layanan yang menjangkau langsung masyarakat, program ini membuka peluang ekonomi baru dan mendorong aktivitas usaha masyarakat pesisir agar tetap produktif,” ujar Dhanny, Corporate Secretary Bank BRI dikutip dari siaran pers Sabtu (13/12).
Kehadiran Teras BRI Kapal juga bukan hanya memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan tetapi juga diharapkan mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru seperti perdagangan hasil laut, pariwisata, serta usaha kecil di kawasan pesisir.
Baca juga: Program MBG Hingga Perumahan Dorong Kinerja Bank BRI
Teras BRI Kapal merupakan bentuk konkret komitmen Bank BRI dalam memperluas inklusi keuangan secara sistemik dan berkelanjutan. Lebih jauh lagi, Teras BRI Kapal menjadi bukti nyata komitmen Bank BRI dalam menghadirkan layanan keuangan bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia termasuk di kepulauan dan daerah pesisir.
“Bagi kami inklusi keuangan merupakan tanggung jawab sosial yang melekat pada identitas Bank BRI sebagai bank rakyat. Melalui inisiatif ini Bnk BRI memperluas akses keuangan sekaligus memperkuat peluang ekonomi dan ketahanan ekonomi masyarakat di kawasan pesisir,” tandasnya.