Sabtu, Desember 13, 2025
HomeNewsIbukotaJakarta Akan Bangun Tiga Koridor Jalan Layang Transjakarta

Jakarta Akan Bangun Tiga Koridor Jalan Layang Transjakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun jalur busway untuk sarana transportasi Transjakarta secara elevated atau melayang. Jalur busway elevated tersebut mencakup tiga koridor, yakni koridor XIII Ciledug-Tendean, koridor XIV Tendean-Kalimalang, dan koridor XV Universitas Indonesia (UI)-Manggarai. Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Agus Priyono, saat ini koridor XIII sudah masuk proses tayang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa untuk proses lelang.

jalan layang

“Yang akan diutamakan pembangunan koridor Ciledug-Tendean karena tingkat kemacetannya paling parah. Anggaran untuk koridor ini mencapai Rp2,5 triliun, akhir tahun ini targetnya sudah groundbreaking,” ujar Agus di Balaikota, Jakarta, (6/8).

Koridor XIII dibangun melayang setinggi 10 meter di atas jalan arteri dengan panjang sekitar 20 km. Halte penumpang berada di atas yang akses melalui tangga dan eskalator. Konstruksinya dirancang untuk bisa ditambah lajur bagi kendaraan lain. Penambahan ini bertujuan untuk meningkatkan rasio jalan Jakarta sehingga jalur Transjakarta ini nantinya menjadi mix traffic. “Koridor Ciledug-Tendean ini kategorinya mix traffic, nanti busway di tengah sehingga road ratio Jakarta bertambah,” jelasnya.

Dua koridor lainnya dalam proses pengajuan pembangunan untuk tahun jamak (multi years) ke DPRD DKI Jakarta. Bila disetujui, akhir tahun ini masuk proses lelang melalui ULP. Bila semuanya lancar, ketiga koridor jalan layang Transjakarta akan rampung tahun 2016. Seperti koridor XIII, dua koridor lainnya panjangnya juga 20 km.

Dibuat nyaman

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok), menjanjikan akan membuat seluruh jalur Transjakarta mulus sehingga lebih nyaman untuk dilalui. “APBD kita besar kok, masa bikin mulus jalur busway nggak bisa, nanti kita bikin mulus semua,” ujarnya.

Kerusakan jalur busway  membuat perjalanan dengan Transjakarta kurang nyaman dan menjadi penyebab sering terjadinya kecelakaan. “Kalau perjalanannya nyaman pengguna kendaraan pribadi juga mau beralih menggunakan Transjakarta. Yang naik Avanza atau Xenia beralih naik Scania (merek bus Transjakarta), lebih nyaman karena suspensinya lebih empuk,” ujarnya.

Perbaikan jalur busway ini juga akan dilengkapi sistem pompa pembuangan air sehingga akan terhindar dari genangan pada musim hujan. Seluruh 12 koridor akan dibeton menggunakan bahan cepat kering, termasuk di tiga koridor layang Transjakarta yang akan dibangun. Yudis

Berita Terkait

Ekonomi

Modal Asing Kembali Kabur, Tapi Rupiah Stabil

Aliran modal asing portofolio sangat fluktuatif. Mudah masuk dan...

Bank BNI Dorong UMKM Hingga Pekerja Migran Naik Kelas

Bank BNI kembali memperkuat komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan...

Ini 8 Sektor Prioritas untuk Dongkrak Ekonomi 2026, Tidak ada Sektor Perumahan

Menjelang akhir 2025, pemerintah terus mempersiapkan arah kebijakan ekonomi...

Berita Terkini