HousingEstate, Jakarta - Modena meluncurkan produk kulkas atau lemari es (refrigerators) yang menyasar segmen premium. Kulkas dilengkapi teknologi canggih agar mampu mendukung perkembangan lifestyle keluarga modern. Semakin sempitnya waktu kaum urban, membuat kegiatan belanja tidak bisa dilakukan setiap hari. Jadi, persediaan kebutuhan pangan harus dibeli dalam jumlah banyak dengan cara belanja mingguan atau bulanan.

Sensor Pintar untuk Makanan Segar Lebih Lama

Stok bahan makanan dalam jumlah besar itu tentu membutuhkan wadah penyimpanan yang besar pula, yang didukung teknologi canggih yang mampu menjaga kualitas dan kesegaran bahan makanan itu dalam waktu lebih lama. Berkaitan dengan perkembangan gaya hidup itu, Modena meluncurkan lini lemari es dalam seri Modena Smart Sensor Refrigerators.

Sensor Pintar

Menurut Hendrik Senjaya, Product Marketing Manager PT Modena Indonesia, penamaan smart sensor pada kulkas merujuk pada teknologi sensor pintar yang memungkinkan lemari es mengintegrasikan seluruh fiturnya secara smart. “Dengan adanya teknologi sensor pintar itu, seluruh fitur kulkas diintegrasikan baik untuk menjaga kualitas makanan yang disimpan agar bisa segar lebih lama, maupun memahami cara dan kebiasaan kita saat membuka-tutup kulkas. Secara pintar teknologi sensor ini akan menyesuaikan sehingga kinerja kulkas tetap optimal,” katanya saat peluncuran produk lini kulkas terbaru Modena itu di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Teknologi smart sensor itu juga akan mendeteksi berbagai kondisi yang berpotensi memengaruhi kestabilan suhu lemari es, seperti proses evaporasi, intensitas kegiatan buka-tutup kulkas, tingkat kelembaban, hingga naik-turunnya temperatur ruangan, yang semuanya bisa berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja kulkas. Sekali lagi, sensor pintar akan mengatur seluruh kinerja fitur tersebut agar suhu di dalam lemari es tetap stabil sesuai dengan program yang kita setting.

“Tantangan terbesar penyimpanan makanan dalam jangka waktu lama adalah fluktuasi temperatur. Suhu yang stabil menjadi kunci untuk menjamin kesegaran makanan bisa bertahan lebih lama. Makanya produk Modena Smart Sensor Refrigerators ini sangat cocok untuk masyarakat modern yang tidak memiliki waktu cukup untuk sering-sering ke pasar. Kita bisa lebih tenang menyimpan makanan di dalam kulkas lebih lama tanpa harus khawatir kesegaran dan nilai gizinya akan turun,” jelas Hendrik.

Banyak Fitur Canggih

Sistem sensor pintar pada kulkas itu bisa ada berkat intelligent compressor yang menjadi faktor utama yang memungkinkan adanya performa canggih pada lemari es pintar ini. Intelligence compressor bekerja menggunakan teknologi inverter, sehingga bisa lebih hemat dalam penggunaan daya listrik hingga lebih dari 20 persen dibanding kulkas dengan kapasitas sekelas.

Inverter dan sensor pintarnya juga menjamin kulkas bekerja dengan aliran listrik yang lebih stabil. Saat kulkas dimatikan atau listrik padam, saat menyala pertama kali, arus yang masuk sangat besar dan ini dalam jangka panjang akan merusak sistem mesin kulkas. Smart sensor akan memastikan kulkas bekerja setelah listrik stabil sehingga umur pakai produk lebih optimal dan lebih lama.

Fitur canggih lainnya adalah multiflow cooling system untuk memastikan sistem pendinginan yang lebih merata ke seluruh sudut kompartemen lemari es. Dengan sistem itu kita bisa meletakkan aneka pangan dimanapun, karena tingkat pendinginannya dijamin sama. Ada juga fresh keeper, sebuah laci khusus untuk menyimpan buah dan sayur yang dilengkapi dengan humidity control (pengatur kelembaban) untuk menjamin kesegarannya Untuk jaminan higienitas yang akhirnya memungkinkan makanan yang disimpan segar lebih lama, ada teknologi LTC sterilization untuk membunuh bakteri dan menetralisir bau tak sedap.

Akhirnya, menurut Robert Widjaja, Director PT Modena Indonesia, kemampuan kulkas menyimpan makanan lebih banyak dan menjaga kualitasnya tahan lebih lama, menjadi perpaduan yang sangat baik terkait perubahan lifestyle keluarga modern dewasa ini. “Gambarannya, kalau kita menyimpan apel dan memakannya tiga minggu kemudian, apel tiga minggu ini tetap seperti baru dimasukkan ke dalam kulkas. Warnanya tidak berubah, kandungan airnya tidak berkurang, dan rasanya tetap crunchy,” tuturnya.

Modena Smart Sensor Refrigerators tersedia dalam empat tipe: RF 2555 L dengan kapasitas 552 liter, RF 2255 S berkapasitas 510 liter, RF 4540 berkapasitas 460 liter, dan RF 2336 S berkapasitas 336 liter. Harganya antara Rp10 jutaan hingga Rp25 jutaan dengan garansi spare part satu tahun dan kompresor 10 tahun.