HousingEstate, Jakarta - Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih belum diketatahui kedepannya akan seperti apa selama vaksinnya belum ditemukan. Bahkan, organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah menyatakan Covid-19 berpotensi menjadi endemik (virus yang akan selalu ada di populasi manusia) dalam waktu lama. Karena itu dunia harus terus berusaha mengurangi keberadaan virus ini.

Salah satu contoh dilakukan oleh produsen cat asal Jepang, Nippon Paint, yang mengembangkan produk Anti-Virus Kids Paint. Cat ini telah diuji dapat membunuh hampir 100 persen Feline Calicivirus (FCV). FCV merupakan strain dari Coronavirus yang sangat menular dan menyerang sistem pernafasan.

Produk ini diluncurkan oleh Nippon Paint Cina pada awal Maret 2020 yang telah digunakan di Provinsi Hubei sebagai lokasi tempat awal menyebarnya Covid-19. Pada 18 Mei 2020, Tokyo University dan Nippon Paint Holdings menyepakati kerja sama untuk research dan development untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk pelapis anti virus dan teknologi untuk solusi masalah kesehatan yang bisa muncul saat dan setelah wabah ini berakhir.

“Kami berharap upaya pengembangan teknologi cat dan pelapis ini kelak bisa  memastikan masyarakat bisa hidup dengan aman dan nyaman. Selain di Cina dan Jepang, Nippon Paint Singapura juga meluncurkan VirusGuard+ yang dilengkapi anti mikroba untuk menghancurkan virus dan bakteri di dinding,” ujar Masaaki Tanaka, CEO Nippon Paint Holdings, dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, Kamis (25/6).

Inovasi yang dilakukan oleh Nippon Paint di Cina, Jepang, dan Singapura ini membuat Nippon Paint Indonesia juga melakukan pengembangan dengan Teknologi Silver-Ion. Beberapa penelitian telah membuktikan Silver-Ion efektif sebagai anti mikroba yang telah dimanfaatkan sejak lama untuk pengobatan maupun pelapis  peralatan medis.

Menurut Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, upayanya ini merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif untuk memerangi pandemi  dengan menciptakan rumah yang lebih sehat. Nippon Paint sendiri di Indonesia sudah sejak lama mengeluarkan produk painting dengan beberapa fitur anti kuman.

“Silver-Ion itu berfungsi sebagai mikroba yang bisa membasmi mikro organisme dengan penetrasi dan menghentikan reproduksi metabolisme lalu menghancurkan mikro organisme tersebut. Daya anti mikroba pada Silver-Ion ini bisa bertahan lama sehingga senyawa ini bisa efektif dalam melawan kuman,” katanya.

Beberapa penerapan Silver-Ion ada pada produk Nippon Vinnilex Fresh yang telah hadir sejak tahun 2005 dan produk ini kerap digunakan untuk rumah sakit. Pada tahun 2018 juga dihadirkan Nippon Spot-Less Plus, sebuah cat interior untuk segmen premium dengan fungsi anti noda dan anti kuman. Terbaru, Silver-Ion hadir dalam produk Vinilex Anti-Kuman untuk cat interior yang dilincurkan pada medio April 2020.

“Kami berharap ragam produk yang kami hadirkan ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk perlindungan bangunan yang aman dan nyaman. Ke depan, inovasi pada industri cat dan pelapis ini dapat meningkatkan kesadaran, dan mengedukasi masyarakat Indonesia untuk  menciptakan lingkungan yang bukan saja indah tapi bersih, aman, dan sehat,” tambah Jon.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020