Mau Efektif Jualan? Agen Properti Harus Manfaatkan Marketplace

Kolaborasi property technology (proptech) seperti Rumah123 dengan agen properti efektif mendukung pemasaran rumah dan properti lainnya. Alasannya, sekarang pasar properti didominasi kalangan muda berusia 25 – 40 tahun yang sudah akrab dengan teknologi informasi. Mereka mencari rumah yang diinginkannya melalui Internet, bukan menyambangi lokasinya secara langsung seperti generasi sebelumnya.
Hal itu terungkap dari media gathering “Kolaborasi untuk Pertumbuhan Kemitraan Marketplace & Agen Properti” yang diadakan Rumah123 (99 Group) di Jakarta, Rabu (28/2/2024). Berbicra dalam acara itu Faizal Abdullah, Senior Vice President Listing Business 99 Group Indonesia, dan Steven Milano, Founder agen properti GadingPro, dipandu Laras sebagai moderator.
Menurut Steven, dulu orang mendatangi langsung lokasinya kalau ingin mencari rumah. Sekarang umumnya pencari rumah kalangan muda yang sudah akrab dengan Internet. Mereka mencari properti melalui aplikasi digital. “Karena itu kita perlu berkolaborasi dengan marketplace seperti Rumah123, karena sangat membantu agen properti memasarkan rumah yang ada di listing-nya. Agen properti tinggal buka akun dan melisting propertinya di Rumah123,” kata Steven.
Selain itu dengan dukungan property marketplace seperti Rumah123, proses closing (transaksi) bisa dipersingkat. “Kalau offline closing-nya 2-3 bulan sejak calon pembeli menyatakan ketertarikan, melalui marketplace cukup satu bulan atau 2-3 minggu,” jelas Steven.
Faizal menyatakan, trafik pencarian rumah baik untuk dibeli atau disewa meningkat pesat di Rumah123, yang disebutnya sebagai marketplace properti terbesar dan terlengkap layanannya di Indonesia. Tidak hanya menyangkut propertinya, tapi juga dukungan pembiayaannya. “Per akhir 2023 permintaan atau pencarian hunian yang dijual di Rumah123 melonjak 62,9 persen, dan hunian yang disewa 74,9 persen. Saat ini Rumah123 melayani 6,7 juta lebih pencarian properti setiap bulan,” ungkapnya.
Ia menambahkan, dengan membuka akun di marketplace, agen properti memperluas jangkauan pasar dan mendapatkan lebih banyak prospek penjualan. Selain itu marketplace juga membuat kerja agen properti lebih efisien dan efektif. Karena itu bergabung dengan marketplace adalah pilihan yang tepat bagi agen properti. Faizal mencatat, pertumbuhan agen properti GadingPro yang bergabung dalam Rumah123 sepanjang Juli 2023-Januari 2024 mencapai 60%. Sementara pertumbuhan listing propertinya 49%, dan peningkatan permintaan hunian melalui Rumah123 untuk GadingPro sebesar 60,7 persen.
Rumah123 sendiri saat ini memiliki 2,5 juta listing properti aktif dari sebelumnya dua juta, yang dinilainya sebagai bentuk kepercayaan agen properti terhadap marketplace tersebut. “Kami terus berinovasi untuk memastikan fitur, produk, dan layanan kami sesuai dan relevan dengan kebutuhan agen,” kata Faizal. Fitur-fitur terpenting mencakup pencarian properti yang efisien, manajemen prospek yang kuat, dan analisis data mendalam untuk membantu agen mengambil keputusan yang lebih baik.
Contohnya fitur product booster yang mencakup premier listing, featured listing, dan top properti. Kemudian yang terbaru fitur K123DIT untuk aktivasi Repost yang meningkatkan posisi iklan secara instan ke peringkat teratas di segmennya. “Ke depan K123DIT juga bisa digunakan para agen properti untuk memanfaatkan fitur-fitur lain di Rumah123,” ujar Faizal.
Steven mengungkapkan, saat ini seluruh agen properti GadingPro telah memanfaatkan Rumah123, dan memproses ribuan permintaan dalam beberapa bulan terakhir dari calon pembeli potensial yang datang melalui Rumah123. “Kami telah merasakan dampak positif dukungan Rumah123 dalam meningkatkan kinerja agen dan memperluas jaringan bisnis,” katanya. Kendati demikian, pemasaran offline tetap dilakukan karena transaksi properti memang tidak bisa sepenuhnya online. Sebagian tahapannya tetap membutuhkan personal touch dan proses offline.