Konsisten Dukung Pembangunan Hijau, Bank DKI Diganjar Best CSR Award

Konsisten mendukung pembangunan berkelanjutan lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR), Bank DKI mendapat penghargaan Indonesia Best CSR in Bank Sector 2024 dari The Iconomics. Penghargaan diberikan Founder & CEO The Iconomics Bram S. Putro dalam gelaran 6th Indonesia CSR Awards 2024 di Jakarta, Selasa (7/5/2024).
Penghargaan tahunan yang diselenggarakan The Iconomics dan didukung oleh Axia Research itu, merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan di Indonesia yang melakukan kegiatan CSR setahun terakhir, yang memberikan dampak signifikan terhadap masyarakat.
“Penghargaan ini menjadi apresiasi atas berbagai upaya Bank DKI mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. Salah satunya melalui program TJSL. Bank DKI terus mendorong penerapan TJSL yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis,” kata Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono, melalui keterangan tertulis, Rabu (8/5/2024).
Amirul menjelaskan, sebagai lembaga jasa keuangan, Bank DKI memiliki arah dan fokus dalam implementasi CSR/TJSL. Yaitu, pendidikan, edukasi perbankan, sosial kemasyarakatan, lingkungan hidup, serta kesenian dan kebudayaan. Terbaru, Bank DKI meresmikan kebun hidroponik ke-10 di Rusunawa Pasar Rebo, Jakarta Timur, melalui program Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK). Kemudian menyerahkan bantuan pendidikan bagi penyandang cerebral palsy melalui Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.
Baca juga: Dukung Pembangunan Hijau, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik ke-10
Awal tahun 2024 Bank DKI berpartisipasi dalam program pemberian gizi cukup untuk penanganan stunting di Jakarta, sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) poin 2 dan 3. Yaitu, menciptakan kondisi tanpa kelaparan, serta kehidupan yang sehat dan sejahtera.
Penilaian The Iconomics untuk menentukan pemenang “Indonesia Best CSR 2024”, dilakukan melalui survei online di 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10.000 responden. Aspek yang dinilai adalah CSR Activity Awareness untuk melihat sejauh mana publik mengetahui kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan, dan CSR Image untuk mengetahui sejauh mana publik merasa perusahaan telah menunaikan tanggung jawab sosialnya.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, Bank DKI terus meningkatkan kontribusi positifnya kepada masyarakat melalui program-program TJSL secara berkelanjutan. “Melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan inisiatif yang inovatif, Bank DKI berkomitmen menjadi agen perubahan yang memberdayakan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.