Dukung Pemasaran Proyek Anggotanya, REI Berkolaborasi dengan Rumah123

Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) memperkuat kolaborasi dengan property technology (proptech) Rumah123 untuk mendukung pemasaran proyek para anggotanya. Kolaborasi ditandai penandatanganan nota kesekapatan di Jakarta, Jum’at (17/5/2024), oleh Ketua Umum DPP REI Joko Suranto dan Wasudewan, Chief Executife Officer (CEO) 99 Group Indonesia yang menaungi Rumah123 dan 99.co.
Menurut Joko, REI dan Rumah123 punya meeting point yang sama. Yaitu, menumbuhkan dan memperkuat ekosistem industri properti. “Properti adalah sektor strategis yang menyerap banyak tenaga kerja dan punya linkage terhadap 185 industri terkait di sektor riil dan manufaktur. Kolaborasi dengan Rumah123 diharapkan memberikan nilai tambah bagi anggota REI (dalam mengembangkan dan memasarkan proyeknya), juga bagi stakeholders terkait dan konsumen,” katanya.
Wasudewan menyebutkan, melalui kolaborasi ini Rumah123 membantu memperluas jangkauan pemasaran proyek anggota REI, meningkatkan visibilitas dan aksesibilitasnya, serta memperkuat pengalaman konsumen dalam mencari dan membeli properti melalui Rumah123, yang disebutnya sebagai marketplace properti terbesar dan terlengkap di Indonesia saat ini. Tidak seperti dulu, orang mendatangi langsung lokasinya bila ingin mencari rumah, kini umumnya orang mencari properti melalui Internet.
Ia menyatakan, saat ini setiap bulan Rumah123 dan 99.co mendapatkan 16 juta pengunjung, dengan sekitar 300.000 enquiries (permintaan) properti. Selain itu Rumah123 juga bekerja sama memasarkan 300 lebih proyek properti melalui laman “Properti Baru”. Untuk itu semua Wasudewan menyatakan, Rumah123 terus berinovasi mengembangkan fitur dan produknya, mulai dari alat pencarian cerdas dan ProperView yang bisa menghadirkan 360 view project details.
“ProperView memungkinkan tim pemasaran developer berinteraksi langsung dan mempelajari lebih jauh kebutuhan konsumen, sehingga bisa meningkatkan potensi penjualan hingga 300 persen,” ujarnya. Selain secara online, Rumah123 membantu pemasaran proyek developer melalui pameran properti offline seperti PropVaganza. Di ajang itu developer bukan hanya memamerkan proyeknya, tapi juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, mendapatkan feedback dan potensi penjualan.
Baca juga: Mau Efektif Jualan? Agen Properti Harus Manfaatkan Marketplace
Rumah123 juga berupaya membuat promosi yang bisa menghasilkan output berkualitas sesuai kebutuhan setiap developer. Misalnya, ada developer yang setiap minggu menginginkan banyak calon pembeli melakukan site visit. Ada pula developer yang punya keterbatasan bujet, sehingga butuh dukungan pemasaran dari Rumah123 dengan membantu tim pemasaran inhouse atau agen properti yang diperbantukan developer.
“Kami berusaha memastikan proyek-proyek yang dipasarkan Rumah123 punya awareness atau branding yang berkelanjutan, dan men-drive pencari properti kepada developer yang tepat berdasarkan preferensi masing-masing. Jadi, pencari properti di Rumah123 kita bantu sampai site visit, dan berlanjut jadi booking. Kami ingin developer mendapatkan return of investment terbaik,” tutur Wasudewan. Ia menambahkan, Rumah123 juga ingin beberapa mitranya dari kalangan perbankan dan fintech bisa berkolaborasi dengan developer dalam penyaluran kredit konstruksi.
Pada tahap awal, kolaborasi Rumah123 dan REI diwujudkan dalam bentuk business networking untuk membuka potensi kerja sama, edukasi teknologi dan tren properti kepada stakeholders dan publik, serta kegiatan lain yang memfasilitasi pertukaran ide dan inovasi, serta meningkatkan kolaborasi pengembang dengan agen properti, perbankan, dan pelaku industri terkait lainnya.