Ini Bukan Pameran Tapi Festival Properti, Ada Apa Aja?

99 Group Indonesia (Rumah123) kembali menyelenggarakan Hari Properti Nasional Festival (Harpropnas) menyusul kesuksesan event yang sama tahun lalu. Harpropnas 2024 berlangsung selama tujuh hari (9-15 September) di Main Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan.
Menurut Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani, konsep festival (bukan pameran) dihadirkan untuk memberikan event yang menyeluruh terkait kebutuhan hunian di satu tempat dan menghadirkan experience yang berbeda untuk para property seeker.
“Dibandingkan dulu, saat ini kesadaran anak muda untuk memiliki hunian semakin kuat dan itu membutuhkan produk yang tepat, timing, hingga cara-cara bayar yang sesuai dengan kemampuan anak-anak muda. Makanya konsep festival kami hadirkan dari sebelumnya pameran biasa,” ujarnya saat membuka Harpropnas 2024 untuk kalangan media, Senin (9/9).
Mengusung tema “Rumah untuk Semua”, event ini juga dihadirkan untuk memberikan arah dan jawaban yang jelas kepada kalangan milenial terkait kebutuhan propertinya. Selama ini informasi untuk akses ke produk hunian belum komprehensif dan melalui event ini seluruh informasi dikaitkan dengan produk maupun berbagai hal lainnya disajikan komprehensif.
Konsep yang dihadirkan ini juga tidak terlepas dari adanya listing properti (baru-seken) di Rumah123 yang mencapai lebih dari 2 juta listing dengan rata-rata kunjungan 5 juta per bulan. Hingga akhir semester pertama 2024 terjadi peningkatan 81,7 persen untuk pencarian rumah yang dijual sementara sewa meningkat 44,2 persen.
Para property seeker yang masuk ke Rumah123 juga didominasi generasi muda dengan rentang usia 25-34 tahun (32,6 persen), 18-24 tahun (27,1 persen), 45-54 tahun (18,4 persen), 35-44 tahun (15,2 persen), dan 55-64 tahun (6,2 persen). Potensi besar ini yang coba diwadahi dengan event Harpropnas 2024.
Event Manager 99 Group Indonesia Rury Yudhiawati menjelaskan, konsep festival dihadirkan bukan hanya untuk memfasilitasi transaksi jual-beli properti tapi juga menghadirkan banyak experience melalui aktivitas menarik yang bisa dinikmati semua kalangan. Tahun ini pesertanya juga lebih banyak dan beragam dari 18 developer tahun lalu menjadi 30 developer pada tahun ini.
“Kami ingin di festival ini semuanya bisa diwadahi. Misalnya, yang mau beli atau upgrade rumahnya tentu haru menjual rumahnya dulu untuk membeli yang baru, kami sediakan juga booth khusus untuk membantu jual rumahnya. Yang mencari rumah pertama kita bantu dengan produk dan pembiayaan yang tepat pokoknya sampai dia bisa punya rumah semua ada solusinya di sini,” jelasnya.
Ada puluhan proyek properti yang bisa dipilih dari pengembang ternama seperti Agung Sedayu Group (LongIsland PIK 2), Sinar Mas Land (Aerium, Southgate, Kebayoran Apartment), Jaya Real Property (Vista at Discovery Aluvia), Alam Sutera (Elevee, Silkwood Residences, Paddington Heights, Sutera Sawangan).
Kemudian BSA Land (de Lora Parung Panjang), Akasialand (The Ayase Kemang Bogor, The Saitama Avenue), Intiland Development (The Hamilton, Serenia Hills, 1Park Homes, Brezza, Regatta), Progress Group (Elysian Residences), The Veranda, Paradise Indonesia (Antasari Place), Perumnas, True Land (District East), Samara Land (The Shizen), Savyavasa, Metland (Metland Transyogi Cibubur), Graha Laras Sentul, Cipta Harmoni Lestari, Adhi Commuter Properti (LRT City), PP Properti (Evenciio), Harvest City, dan Cimanggis Golf Estate.
Baca juga: Mau Efektif Jualan? Agen Properti Harus Manfaatkan Marketplace
Dihadirkan juga berbagai institusi terkait seperti lembaga finansial Danasyariah, perusahaan agen properti Brighton, Century21, dan GadingPro, serta produk home appliances dan sanitari Wasser, KDK Indonesia, dan Winn Gas. Event ini juga menghadirkan promo, talkshow, games, hingga lelang furnitur dan elektronik.
Beberapa kemudahannya antara lain diskon hingga Rp400 juta, lelang mulai Rp59 ribu, hingga bebas PPN, gratis biaya KPA, BPHTB, dan AJB. Ada juga kesempatan untuk memenangkan mobil listrik, motor listrik, dan lainnya. Talkshow-nya diisi oleh Dude Herlino-Alyssa Soebandono, Brian Nathanael (Tanjun House), Rayssa Dynta, Fellexandro Ruby, Komika Duto Triadjie, dan sebagainya.
“Kami berharap event ini bisa menjadi pengalaman menyenangkan dan solusi bagi para property seeker berinteraksi langsung dengan para stakeholder properti. Ini juga menjadi pengingat dan momentum kalau setiap individu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan huniannya,” pungkas Rury.