Sharp Content Creator Hunt Dorong Potensi Besar Generasi Muda

Generasi muda memiliki peran besar dalam mendorong perubahan positif di masyarakat. Melihat potensi besar ini, Sharp Indonesia terus aktif melibatkan anak muda dalam setiap program yang dijalankan.
Dua di antaranya adalah Sharp Content Creator Hunt dan Sharp Greenerator Fest 2024 yang menjadi komitmen dalam mengembangkan kompetensi generasi muda untuk masa depan.
Menurut Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, sebagai produsen elektronik Sharp bukan hanya mengedepankan teknologi dan inovasi tapi juga komitmen untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat terutama generasi muda.
“Melalui program CSR seperti Sharp Content Creator Hunt, Sharp Greenerator, Sharp Hydro Heroes yang melatih wirausaha di bidang pertanian, serta Sharp Class untuk mendidik siswa SMK menjadi seorang teknisi handal, kami berinvestasi dalam mengembangkan kompetensi anak muda sebagai pelopor perubahan dan keberlanjutan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan Kamis (19/12).
Sharp Content Creator Hunt adalah kompetisi video reels dengan tema “Peran Anak Muda Untuk Indonesia” yang diselenggarakan melalui Instagram pada periode Juni hingga Oktober 2024 lalu.
Kompetisi ini berhasil menarik perhatian lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia.
Dalam kompetisi ini para peserta diminta untuk membuat video reels yang menggambarkan bagaimana peran anak muda dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia.
Semua video diunggah melalui akun Instagram masing-masing dengan menggunakan #Sharpcontentcreatorhunt #Sharpsmartphone.
Baca juga: Kolaborasi Sharp-Vidio Hadirkan TV Sekaligus Tayangannya
Proses seleksi berlangsung ketat di mana setiap karya dinilai dari berbagai aspek termasuk kreativitas, teknik pengambilan gambar dan editing, pesan yang disampaikan, dan kesesuaian dengan tema.
Setelah proses penjurian yang mendalam para juri yang terdiri dari Muhammad Sadam, seorang Travel Content Creator, Enche Tjin, seorang Youtuber sekaligus fotografer profesional dan Ardy, Head of Product Strategy & AUVI & Smartphone Division Sharp Indonesia sepakat menentukan delapan orang pemenang yang telah diumumkan pada akhir November lalu melalui akun Instagram resmi Sharp Indonesia.
Para pemenang mulai juara 1-3 yaitu Mohamad Ericson Al Akbar (Serang), Clarisse Callista Jacob (Jakarta), Bima British Junior (Kutorejo), dengan runner up Christoper Ravael Budiono (Jakarta), Gibran Muhammad (Deli Tua), Jose Eldino Purba (Medan), Shenny Dezsetia (Jakarta), Vindy Putra Jayanto (Sukoharjo).
Penyerahan hadiah untuk para pemenang telah diserahkan pada 11 Desember 2024, bersamaan dengan peluncuran smartphone flagship Sharp AQUOS R9 di Jakarta, yang semakin mempertegas komitmen Sharp Indonesia dalam mendukung kreativitas anak muda melalui inovasi produk yang berkualitas.
Selain kompetisi kreatif, Sharp Indonesia juga fokus pada kepedulian anak muda terhadap pelestarian lingkungan melalui komunitas binaannya Sharp Greenerator.
Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-9, Sharp Greenerator menggelar acara Sharp Greenerator Fest 2024 yang telah berlangsung di Bogor dengan acara puncak talkshow bertemakan “Peran Korporasi, Komunitas, dan Pemerintah dalam Mendukung Aksi Pelestarian Lingkungan yang Berkelanjutan”.
Talkshow ini menghadirkan berbagai narasumber yang berbagi wawasan tentang pentingnya kolaborasi antara sektor korporasi, komunitas, dan pemerintah dalam menciptakan perubahan yang berdampak positif bagi lingkungan.
Selain itu acara ini juga mengundang siswa-siswa sekolah, rekan-rekan komunitas, serta yayasan nirlaba untuk bergabung dalam diskusi dan berbagi ide mengenai cara-cara inovatif dalam melestarikan alam.
Sharp Greenerator Fest 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang urgensi pelestarian lingkungan dan mendorong kolaborasi lintas sektor guna mencapai aksi nyata yang berkelanjutan.
Dengan melibatkan berbagai pihak, acara ini berhasil memperkuat komitmen bersama untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang.
“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk merayakan 9 tahun perjalanan kami. Setiap tahun, kami menghadirkan konsep yang berbeda untuk memberikan wawasan lebih luas kepada masyarakat. Festival ini juga menjadi platform bagi komunitas-komunitas untuk berbagi pengetahuan dan mempererat hubungan mereka.” jelas Izzudin, Ketua Pelaksana Sharp Greenerator Fest 2024.
Acara ini juga dihadiri oleh berbagai organisasi lingkungan seperti Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), Burung Indonesia, dan World Clean Up Day (WCD).
Event ini juga dijadikan ajang untuk berbagi wawasan berharga mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hingga membuka pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya tindakan kolektif demi kelestarian bumi.