Terus Kembangkan Inovasi Digital, Bank DKI Diganjar Top Digital Award

Bank DKI menerima penghargaan sebagai Indonesia Top Digital Innovation Award 2025, dan Indonesia 20 Popular CIO & CTO Awards 2025 kepada Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono, dalam ajang Digital Forum & The Iconomics Awards 6th Anniversary Indonesia Top Digital Innovation Awards 2025, yang dihelat The Iconomics di Jakarta pekan lalu.
Penghargaan The Iconomics Media yang didukung Axia Research dan RRI itu, merupakan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai senantiasa melakukan inovasi guna meningkatkan value perusahaan, serta beradaptasi agar dapat terus tumbuh secara keberlanjutan.
Menurut Amirul, penghargaan itu menjadi motivasi Bank DKI untuk terus menghadirkan layanan keuangan yang inovatif dan inklusif, di antaranya melalui digitalisasi.
“Bank DKI akan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, agar dapat memberikan solusi perbankan yang relevan dengan kebutuhan, serta lebih mudah diakses oleh masyarakat,” katanya seperti dikutip keterangan resmi Bank DKI kemarin (20/2/2025).
Berbagai inovasi digital telah dikembangkan Bank DKI seiring transformasi yang dijalankan perseroan. Di antaranya pengembangan fitur pada aplikasi JakOne Mobile, optimalisasi layanan digital untuk pelaku UMKM, serta penguatan ekosistem transaksi non-tunai di berbagai sektor.
JakOne Mobile kini telah dilengkapi berbagai fitur unggulan, mulai dari pembukaan rekening tabungan dan deposito secara online, pembayaran aneka tagihan, transaksi dengan QRIS, infak dan sedekah, hingga fitur tarik tunai tanpa kartu.
Untuk mendukung pelaku UMKM, Bank DKI mengembangkan JakOne Abank, dan layanan perbankan sistem keagenan berbasis Mobile Point of Sale (MPOS).
Baca juga: Bank DKI Tutup 2024 dengan Pertumbuhan Solid dan Kinerja Keuangan Makin Kuat
Bank DKI juga memperkenalkan Jakarta Tourist Pass, solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard) dan aplikasi (JakOne Pay), yang memudahkan wisatawan mengakses destinasi populer, transportasi umum, spot kuliner, dan layanan pariwisata lain di seantero Jakarta.
The Iconomics Awards 6th Anniversary Indonesia Top Digital Innovation Awards 2025 memberikan penghargaan kepada perusahaan dan lembaga lain yang melakukan inovasi dan adaptasi besar selama 2024, melalui kajian dengan pendekatan media monitoring untuk penelusuran awal.
Monitoring itu menghasilkan kandidat perusahaan yang layak meraih penghargaan. Tiga aspek yang menjadi penilaian adalah configuration (profit model, network, structure, dan process), product offering (product performance, dan product system), dan experience (service, channel, brand, dan customer engagement).
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, Bank DKI berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis digital guna mendukung ekosistem keuangan yang lebih efisien dan modern.
“Dengan berbagai inovasi digitalnya, Bank DKI berharap dapat mendukung pertumbuhan Jakarta dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup Arie.