Senin, September 8, 2025
HomeBankLayanan ATM Sudah Kembali Normal, Bank DKI Klarifikasi Pemulihan Sistem Selama Libur...

Layanan ATM Sudah Kembali Normal, Bank DKI Klarifikasi Pemulihan Sistem Selama Libur Lebaran

Bank DKI memberikan klarifikasi resmi soal gangguan sistem layanan bank yang terjadi tanggal 29 Maret 2025 menjelang Idul Fitri lalu.

Direktur Utama Bank DKI Agus Haryoto Widodo menyatakan, gangguan itu terjadi karena sistem pengamanan internal Bank DKI secara otomatis mengaktifkan fitur pemulihan sistem keamanan, sebagai langkah proteksi untuk memastikan stabilitas layanan dan keamanan transaksi seluruh nasabah.

”Pada tanggal tersebut, sistem pengamanan internal Bank DKI secara otomatis mengaktifkan fitur pemulihan sistem keamanan, sebagai langkah proteksi guna memastikan stabilitas layanan dan keamanan transaksi nasabah,” kata Agus dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (8/4/2025), seperti dikutip keterangan tertulis Bank DKI.

Agus memberikan keterangan didampingi jajaran direksi Bank DKI lainnya. Menurut Agus, langkah pengamanan otomatis itu merupakan bagian dari mekanisme kontrol internal Bank DKI dalam menjaga integritas sistem perbankannya secara menyeluruh.

Sebagai dampak dari aktivasi fitur tersebut, terjadi pembatasan sementara pada sebagian layanan transaksi lintas jaringan (off-us), termasuk transaksi ATM melalui jaringan bank lain.

Merespon gangguan itu, Agus menyebutkan, Bank DKI langsung mengaktifkan tim teknis, operasional, dan layanan nasabah secara intensif selama 24 jam, untuk melakukan evaluasi sistem, pemulihan berjenjang, dan menjaga kelancaran layanan prioritas lainnya.

Bank DKI juga berkoordinasi aktif dengan mitra dan pihak regulator, untuk memastikan seluruh langkah yang diambil sejalan dengan prinsip kehati-hatian dan keamanan perbankan.

“Setelah dilakukan evaluasi menyeluruh dan memastikan sistem dalam kondisi stabil dan aman, Bank DKI memulai proses pemulihan layanan secara bertahap. Tahap pertama yang dibuka adalah layanan ATM Off-Us, yang kembali dapat digunakan sejak Senin, 7 April 2025,” jelas Agus.

Baca juga: Layani Nasabah Selama Libur Lebaran, Bank DKI Terapkan Operasional Terbatas

Layanan ATM Bank DKI juga telah sepenuhnya pulih dan dapat digunakan kembali secara normal, termasuk untuk transfer antar bank, hingga pembayaran berbagai tagihan.

“Bank DKI terus memantau kinerja sistemnya untuk memastikan layanan berjalan dengan optimal dan stabil,” ujar Agus. Mewakili manajemen dan karyawan Bank DKI, ia menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, sekaligus berterimakasih atas pengertian yang telah diberikan masyarakat.

Agus memastikan data dan seluruh dana nasabah tetap aman, dan tidak mengalami gangguan apapun selama proses pembatasan layanan berlangsung.

“Kami juga membuka kanal komunikasi 24/7 melalui call center dan media sosial resmi untuk menerima aspirasi, pengaduan, dan pertanyaan dari masyarakat,” ungkap Agus.

Ia menegaskan komitmen Bank DKI untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi nasabah akibat pemulihan sistem itu dengan sebaik-baiknya, dengan menerapkan prinsip perlindungan konsumen, prudential banking, dan good corporate governance sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan internal yang berlaku.

Berita Terkait

Ekonomi

Utang Pinjol dan Paylater Warga RI Terus Meningkat Tinggi

Buy now pay later (BNPL) adalah layanan keuangan yang...

Belasan Investor Kazakhstan Lirik IKN

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia...

Program Perumahan Salah Satu yang Diharapkan Buka Lapangan Kerja

Pemerintah terus menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha untuk membuat...

Menko Airlangga Minta Pengusaha Tahan PHK dan Buka Program Magang Berbayar untuk Sarjana Baru

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para pengusaha...

Berita Terkini