Sabtu, September 6, 2025
HomeBerita PropertiSiapa Bilang Daya Beli Payah? Penumpang Kereta Mewah Naik 27,76 Persen Selama...

Siapa Bilang Daya Beli Payah? Penumpang Kereta Mewah Naik 27,76 Persen Selama Januari–Juli

Daya beli masyarakat terus menjadi isu dalam perekonomian Indonesia. Antara lain melalui kemunculan fenomena “rojali”, “rohana”, dan “rohalus”.

Tapi, benarkah daya beli masyarakat payah? Kita bisa berdebat berkaruk mulut berhari-hari. Yang jelas di dunia traveling, daya beli tidak terlihat melemah.

Kereta cepat Whoosh terus mengalami kenaikan jumlah penumpang. Perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) terus meningkat, juga perjalanan wisatawan nasional (wisnas) ke luar negeri.

Salah satu moda transportasi favorit wisnus adalah kereta api. Bukan hanya kereta api reguler yang terus meningkat jumlah penumpangnya, baik kereta jarak jauh, lokal, maupun kereta komuter, tapi juga kereta mewah atau luxury.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pertumbuhan signifikan pada layanan Kereta Suite Class Compartment, kelas tertinggi dalam layanan kereta api penumpang di Indonesia.

Baca juga: Katanya Daya Beli Turun, Tapi Jumlah WNI yang Plesiran ke Luar Negeri Cetak Rekor

Mengutip keterangan resmi KAI akhir pekan ini (15/8/2025), selama Januari–Juli 2025, kereta mewah itu melayani 20.556 pelanggan, meningkat 27,76 persen dibanding Januari-Juli 2024 sebanyak 16.089 pelanggan, dan sepanjang 2024 sebanyak 28.496 pelanggan.

Hal itu menurut KAI menandakan tingginya minat masyarakat terhadap pengalaman perjalanan yang mengutamakan kemewahan, privasi, dan kenyamanan.

Layanan Suite Class Compartment tersedia pada sejumlah perjalanan KA favorit. Yaitu, KA Argo Semeru relasi Gambir–Surabaya Gubeng (PP), KA Bima relasi Gambir–Surabaya Gubeng (PP), KA Argo Anjasmoro relasi Gambir–Surabaya Pasar Turi (PP), dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir–Surabaya Pasar Turi (PP).

Diluncurkan 10 Oktober 2023, Suite Class Compartment menjadi tonggak sejarah bagi KAI dalam menghadirkan layanan transportasi darat dengan kualitas layanan tertinggi.

Baca juga: Bisnis Boleh Menurun, Penumpang Kereta Mewah Terus Melesat

Setiap kabinnya dilengkapi pintu geser untuk privasi penuh, kursi ergonomis yang dapat direbahkan menjadi tempat tidur datar, layar hiburan pribadi, meja lipat multifungsi, serta layanan makanan dan minuman premium yang dihidangkan langsung di kabin.

“Peningkatan jumlah penumpang Suite Class Compartment menunjukkan adanya pasar yang kuat untuk layanan perjalanan eksklusif di Indonesia. Pelanggan mengapresiasi kenyamanan, privasi, dan kualitas layanan yang kami hadirkan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

Baca juga: Pengguna Kereta Terus Meningkat, LRT dan Kereta Wisata Tumbuh Paling Tinggi

Anne menambahkan, kehadiran Suite Class Compartment juga memperkuat citra KAI sebagai penyedia transportasi modern yang mampu bersaing di segmen layanan kelas atas. “Kami ingin memastikan setiap perjalanan jarak jauh dengan kereta api menjadi momen berkesan, dengan kenyamanan, layanan prima, dan keindahan perjalanan berpadu, menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan,” tutup Anne.

Berita Terkait

Ekonomi

Berita Terkini